Labels Bantu Perusahaan Lebih Unggul dalam Mendukung Gerakan Menjaga Lingkungan

Mar 2, 2021Label/ Press

Untuk bisa sukses di pasar kompetitif dengan situasi yang tidak dapat diprediksi saat ini,  mengharuskan perusahaan yang menjual produk, mulai dari makanan hingga barang perawatan pribadi dan obat-obatan, untuk beroperasi lebih efisien sambil memperluas peluang pendapatan. Label produk berperan penting untuk mencapai tujuan ini, karena nilainya sebagai alat pencitraan merek. Selain membantu produk lebih terlihat di rak, label juga menyebarkan informasi penting tentang keselamatan, peringatan, dan data pelacakan digital. 

Di puncak pandemi tahun ini, printer label dan kemasan telah mengatasi perubahan mendadak dalam kebutuhan industri makanan, minuman, farmasi, dan rumah tangga, tetapi IDC mencatat keterbatasan konverter label konvensional dalam memungkinkan hal ini terjadi dengan cepat. Persaingan harga yang sedang berlangsung dan kekhawatiran akan keberlanjutan semakin meningkat dari konsumen juga menjadi tantangan yang signifikan. Seiring percetakan global melakukan kalibrasi ulang untuk memenuhi kebutuhan perusahaan saat ini, masa depan untuk pencetakan label cukup baik, karena solusi pencetakan digital baru berkualitas tinggi muncul untuk membuat produksi lebih cepat, fleksibel, dan lebih dapat diandalkan.

Label berada di bawah mikroskop lebih besar seiring kemajuan globalisasi, dan lebih banyak konsumen merasakan kualitas, tampilan, dan nuansa produk yang diwakili oleh label. Perusahaan juga melakukan label baru agar lebih menonjol dari pesaing dan menciptakan peluang untuk menarik pelanggan melalui penawaran khusus. Pesanan pencetakan jangka pendek yang memanfaatkan desain inovatif dan bahan yang berkelanjutan harus dikirim dengan cepat dan hemat biaya. Hal ini menantang pelaku konversi label dan printer untuk menghasilkan proses yang lebih pendek dan variabel, dengan desain menantang, pada berbagai media yang belum pernah ada sebelumnya. Printer label konvensional lebih mahal untuk dioperasikan dan mempersulit percetakan label untuk memenuhi pesanan yang membutuhkan kualitas dan warna cetak yang konsisten.

Konverter dan percetakan label membutuhkan mesin cetak yang lebih sederhana serta lebih terjangkau untuk memanfaatkan peluang ini secara efektif.

Digital label presses, seperti garis SurePress Epson, membawa pekerjaan pencetakan ke level berikutnya. Seiring persaingan yang semakin ketat di kawasan Asia Pasifik untuk memenuhi permintaan konsumen, peralihan ke mesin cetak label digital menghasilkan rendering warna yang luar biasa dan tajam pada berbagai substrat berteknologi tinggi. Selain itu, konverter yang merestrukturisasi operasi sebagai respons terhadap pandemi dapat dengan cepat menggabungkan mesin cetak yang mudah digunakan untuk memperluas produksi ke area baru. Perubahan ini memerlukan cara kerja baru, termasuk pengenalan sistem manajemen informasi yang lebih canggih, dan faktor-faktor seperti resolusi DPI, penyelesaian online dan offline, serta pemotongan laser untuk dipertimbangkan.

 

Pertimbangan keberlangsungan juga menggeser tren label dan kemasan, karena konsumen dan kontribusi regulasi menekan perusahaan untuk mengurangi dampak proses industri terhadap lingkungan. Perusahaan menyadari bahwa jika mereka tidak menawarkan pilihan pengemasan yang dapat didaur ulang atau terurai secara hayati, pelanggan akan menemukan merek lain yang memikirkan lingkungan dengan cara yang sama. Label menjadi pusat, bukan hanya karena informasi yang dibawa untuk mendidik konsumen, tetapi juga karena kontribusi potensial tinta, substrat, serta perekat yang digunakan dalam produksi label.

Pencetakan digital mendukung perusahaan dalam menjalankan operasional yang lebih ramah lingkungan dalam fiturnya yang paling menonjol: label. Saat konverter beradaptasi untuk memenuhi tantangan lingkungan dan logistik, terutama yang ditimbulkan oleh kemasan makanan, seri Epson SurePress L-6534VW dan L-4533 memberikan fleksibilitas, efisiensi, keserbagunaan, serta keandalan dalam memenuhi berbagai kebutuhan dan anggaran. Dengan SurePress L-6534VW yang baru, Epson telah berkembang ke aplikasi pengemasan menggunakan tinta berbasis air, termasuk penyusutan dan pembentukan label, pengemasan fleksibel serta lapisan film tipis untuk makanan. Tinta UV LED yang cepat kering meningkatkan kecepatan serta kualitas pencetakan, dan perawatan otomatis meminimalisir pembersihan manual sekaligus meningkatkan produktivitas dan nilai secara keseluruhan.

Kemampuan pencetakan label secara digital harus dimiliki oleh konverter untuk mempertahankan daya saing di pasar yang berkembang pesat yang menuntut kecepatan, efisiensi, dan biaya rendah. Dalam dekade terakhir sejak Epson pertama kali memperkenalkan lini SurePress, kebutuhan pelanggan telah mendorong kebutuhan pencetakan yang lebih cepat dan lebih sering. Industri telah merespons dengan hasil berkualitas tinggi serta biaya lebih rendah bagi konverter dan pelanggan mereka. Investasi saat ini dalam solusi pencetakan digital yang lebih efisien dan berkelanjutan memungkinkan pengonversi label dan percetakan untuk mengatasi evolusi terbaru dalam produksi label dan kemasan.

Gabung dengan Media Sosial kami

Share This