Bagaimana Cetak Label Dapat Meningkatkan Penjualan Produk Makanan Pelaku UKM?

Apr 2, 2019Label/ Press

Apa kunci keberhasilan produk makanan kemasan? Sudah pasti, cita rasa sangat penting.

Padahal, seringkali konsumen memutuskan membeli produk sebelum mencicipinya. Agar bisa merebut perhatian pelanggan, produsen pun harus mengandalkan hal selain rasa makanan itu sendiri.

  

Label makanan semakin diakui nilainya

Salah satu hal yang sering diabaikan produsen untuk menarik perhatian pelanggan adalah label yang menarik. Hal ini khususnya berlaku di Asia Tenggara, di mana penjualan makanan dan minuman kemasan diproyeksikan akan mencapai $ 164 miliar pada tahun 2020, hampir dua kali lipat dari angka yang dicatat pada tahun 2010. Persaingan sangat ketat dan setiap elemen dari presentasi produk sangatlah penting.

Pelabelan berkualitas tinggi merupakan prioritas penting di industri ini karena beberapa alasan. Pertama, produsen kini menyadari bahwa label tidak terpisahkan dari branding suatu produk. Penyajian produk yang konsisten di seluruh materi pemasaran dapat membantu pelanggan memahami dengan tepat apa yang ditawarkan oleh sebuah produk.

Di sinilah solusi label makanan berperan. Ada beberapa detail penting yang harus  dipertimbangkan sebelum Anda dapat membuat pilihan.

Label Makanan: Pertama dan Utama

Solusi pelabelan makanan yang baik akan meningkatkan bisnis dengan cara-cara yang mungkin pada awalnya tidak terbayangkan. Bayangkan, misalnya, kebutuhan fleksibilitas dalam hal pencetakan label.

Bukan tidak mungkin produk makanan dikirim ke berbagai daerah dan label harus dicetak sesuai peraturan di setiap wilayah. Promosi musiman, keluaran produk edisi terbatas, dan kampanye khusus menuntut label warna yang bisa dicetak sesuai permintaan. Dalam hal ini, sangat penting untuk memiliki mesin cetak yang dapat fleksibel menjawab setiap kebutuhan

Ada produsen yang memilih cara ekonomis dan menggunakan label siap pakai. Sekilas, cara ini nampaknya lebih murah, tetapi juga dapat menimbulkan masalah menimbang tren industri saat ini sehingga mengakibatkan efisiensi rendah dalam jangka waktu panjang. Produsen juga sering tidak yakin dengan jumlah label yang diperlukan karena penjualan yang sulit diprediksi.

Selain itu, label siap pakai tidak memperhitungkan kebutuhan informasi berbeda sesuai regulasi di berbagai belahan dunia. Melihat keadaan ini, cetak label adalah solusi terbaik bagi pelaku usaha di industri produksi makanan.

Label Makanan sesuai kebutuhan

Mesin cetak Label Warna ColorWorks C7510G dari Epson diciptakan dengan berbagai kebutuhan produsen makanan UKM modern.

Mesin ini menawarkan teknologi PrecisionCore dari Epson untuk printhead agar mampu menghasilkan cetakan berkualitas tinggi dengan kecepatan 40 juta titik/detik. Tinta UltraChrome DL memastikan gambar dinamis dan tipografi yang tajam. Ini sangat penting dalam industri pembuatan makanan karena estetika pelabelan bisa menentukan kesuksesan produk. Sistem pengecekan nozzle otomatis yang dilengkapi sensor berteknologi tinggi dapat mendeteksi sumbatan dan memastikan nozzle selalu bersih.

Hasil mesin cetak ColorWorks tahan air dan noda. Tak perlu khawatir label akan pudar jika produk terkena air, hal yang sering terjadi pada rak-rak di supermarket atau lemari es.

C7510G sangat menarik bagi produsen makanan karena dapat memproduksi label warna sesuai permintaan. Produsen bisa memproduksi unit produk sebanyak yang diinginkan dan mencetak label belakangan. Dengan kecepatan cetak 300mm/detik, produsen tidak perlu khawatir tak punya waktu mencetak.

Mesin cetak Label Warna ColorWorks C7510G telah terbukti menjadi solusi pelabelan yang menarik untuk usaha kecil dan menengah di sektor makanan. Di seri ColorWorks, C7510G memimpin dalam hal volume cetak dan ragam aplikasi. Ada pula tipe C3510 yang dibuat untuk kebutuhan ragam aplikasi dan keperluan volume lebih rendah. Mesin ini C3510 sudah digunakan oleh pemain industri dan membawa manfaat besar.

Di Filipina, Departemen Reformasi Agraria (DAR) Filipina mengimplementasikan Program Reformasi Agraria Komprehensif untuk petani yang menjual produk makanan. DAR menyediakan sejumlah layanan pendukung bagi petani, termasuk perbaikan pelabelan dan desain produk makanan. Tidak puas dengan mesin cetak yang ada, DAR beralih ke Epson untuk solusi yang lebih unggul. Kini, DAR menggunakan mesin cetak Label Warna Epson ColorWorks C3510 untuk semua kebutuhan pencetakannya.

“Setelah mendapatkan Epson C3510, kami melihat peningkatan besar dalam pencetakan label produk,” kata Milla P Lagatuz, Pejabat Senior Program Pembaruan Agraria di DAR. “Produk-produk semakin diperhatikan pelanggan dan penjualan meningkat.”

Pendapat serupa disampiakan Faye Nerissa, Direktur Penjualan & Pemasaran di Nathaniel’s Food Corporation di Filipina. “Seiring dengan bisnis kami yang tumbuh, cara kami mengemas makanan semakn penting,” katanya. Menyadari hal ini,  Nathaniel’s pun menggunakan mesin cetak label Epson C3510. “Kami dapat melakukan pencetakan sesuai permintaan sehingga tidak perlu lagi memenuhi jumlah pesanan minimum dari pemasok label,” kata Nerissa. “Epson mampu memberikan kualitas yang kami cari.”

DAR dan Nathaniel’s adalah dua di antara banyaknya bisnis di Asia yang mempercayai mesin cetak seri ColorWorks Epson untuk kebutuhan pencetakan label. Meningkatkan kualitas label telah terbukti berdampak positif pada penjualan, dan manfaat inilah yang diberikan mesin cetak label dari Epson.

Gabung dengan Media Sosial kami

Share This