BOMBA meningkatkan produktivitas dan efisiensi biaya dengan printer Epson EcoTank

Okt 14, 2021Bisnis & Rumah, Printer & Pemindai

(Dari kiri: En. Mohd Firdaus bin Che Rani, Asisten Senior Direktur Teknologi Informasi; En. Mohd Ramizzal bin Rasalli, Asisten Pejabat Teknologi Informasi)

 

Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Malaysia (FRDM), lebih dikenal sebagai BOMBA bagi warga Malaysia, adalah salah satu dari banyak pelanggan yang telah memanfaatkan fitur hemat biaya dari printer Epson EcoTank. Dengan meningkatnya pemotongan anggaran dari pemerintah, FRDM terus mencari cara baru untuk mengoptimalkan sumber daya dengan memilih teknologi yang dapat berbuat lebih banyak dengan lebih sedikit.

 

Beroperasi di bawah Kementerian Perumahan Rakyat dan Pemerintah Daerah, misi FRDM adalah menyediakan layanan pencegahan kebakaran dan pemadaman kebakaran yang efektif dan efisien, penegakan hukum terkait keselamatan kebakaran dan pemadam kebakaran serta layanan kemanusiaan. Ini termasuk melaksanakan laporan kebakaran, mengeluarkan pengesahan rencana teknis, sertifikat kebakaran, dan memproses surat permohonan untuk berbagai hal yang relevan – untuk beberapa nama. Dengan begitu banyak informasi yang harus dilacak, departemen bergantung pada salinan fisik laporan untuk memastikan bahwa mereka didokumentasikan dengan aman dan rapi untuk referensi di masa mendatang.

 

Sebelum beralih ke printer Epson EcoTank, FRDM sering dihadapkan pada masalah umum yang dialami oleh banyak organisasi skala menengah dengan volume cetak yang tinggi – biaya pencetakan yang tinggi karena bahan habis pakai yang mahal (toner, printhead, suku cadang printer, dll). Banyak bisnis mungkin tidak menyadarinya selama pembelian awal mereka, tetapi beberapa printer memiliki total biaya kepemilikan yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang lain. Menggunakan teknologi inovatif dan mekanisme sederhana, printer Epson EcoTank menawarkan Cost Per Page (CPP) yang lebih rendah, cara paling akurat untuk menghitung biaya[1] operasional, dan Total Cost of Ownership (TCO), pertimbangan terpenting untuk pencetakan volume tinggi.

 

“Dengan sekitar 100 karyawan di organisasi, kami membutuhkan printer dengan kecepatan cetak lebih cepat. Printer Epson EcoTank tidak hanya menawarkan kecepatan pencetakan yang cepat, tetapi juga membutuhkan lebih sedikit suku cadang dan bahan habis pakai. Selain itu, kualitas cetaknya mirip dengan printer laser – yang bagus karena tonernya mahal, dan kami dapat mengurangi biaya hanya dengan beralih ke printer Epson EcoTank. Dengan penghematan ini, kami dapat menyalurkan anggaran kami untuk membeli peralatan penting lainnya untuk meningkatkan kualitas layanan kami. Selain itu, kualitas tintanya juga tahan lama – yang penting karena kita perlu menyimpan dokumen dengan aman dalam waktu lama,” jelas Mohd Ramizzal Bin Rasalli, Assistant Information Technology Officer, FRDM.

 

 

Hingga saat ini, FRDM telah menyebarkan 255 unit printer Epson EcoTank L5190 di seluruh organisasi. Dengan Epson EcoTank L5190 yang menawarkan hasil halaman yang sangat tinggi dengan 4.500 halaman hitam dan 7.500 halaman berwarna, FRDM telah mampu menghemat biaya operasional namun tetap mempertahankan tingkat produktivitas yang tinggi.

 

“Daya tahan dan portabilitas printer EcoTank juga merupakan faktor kemenangan bagi kami. Karena sifat pekerjaan kami, beberapa rekan kami perlu membawa serta printer ke acara eksternal. Kemudahan pengaturan, portabilitas, dan ukuran printer sangat berguna, membuat pekerjaan kita lebih mudah dan lebih produktif. Jejak kecil printer juga membantu menjaga meja kantor tetap rapi

 

Epson EcoTank printers are powered by Epson’s Heat-Free Technology which consumes up to 85% less power than laser printers. This would lead to higher cost-efficiency in annual energy bills especially for companies operating high volume of printers. They are also more eco-friendly – producing up to 85% less carbon dioxide than laser printers.

 

Printer Epson EcoTank ditenagai oleh Teknologi Bebas Panas Epson yang mengkonsumsi daya hingga 85% lebih sedikit daripada printer laser[2]. Hal ini akan menyebabkan efisiensi biaya yang lebih tinggi dalam tagihan energi tahunan terutama untuk perusahaan yang mengoperasikan printer dalam jumlah besar. Mereka juga lebih ramah lingkungan – menghasilkan karbon dioksida hingga 85% lebih sedikit daripada printer laser[3].

 

“Kami sangat terkesan dengan printer Epson EcoTank dan berharap dapat melihat solusi pencetakan yang lebih inovatif dari Epson di masa mendatang. Dalam upaya kami membantu instansi pemerintah lainnya untuk mencapai biaya pencetakan yang lebih rendah, kami juga akan membagikan manfaat ini kepada Kementerian Perumahan Rakyat dan Pemerintah Daerah (KPKT) untuk membahas bagaimana kami dapat memanfaatkan sumber daya kami secara lebih efisien, ”tambah Mohd Ramizzal.

 

[1] Biaya operasional termasuk bahan habis pakai seperti tinta, toner, dan suku cadang yang memerlukan penggantian rutin selama masa pakai printer

[2] Yang dilakukan oleh Epson, menggunakan uji Epson L6550 ISO Color 12ipm vs Laser model ISO Color 22ppm untuk daya yang dikonsumsi untuk mencetak 20 halaman. Menguji satu halaman dokumen A4 dari ISO Office Final PDF (ISO/IEC 24734). Setiap pengujian dilakukan dua kali oleh Epson untuk memastikan konsistensi hasil. Kedua printer telah diuji dalam kondisi yang sama.

[3] Perhitungan output CO2 tahunan didasarkan pada JEMAI-LCA Pro. Perhitungan penyerapan CO2 pohon cedar didasarkan pada standar Badan Kehutanan Jepang sebesar 8,8kg CO2 per tahun per pohon.

Gabung dengan Media Sosial kami

Share This