Menjaga Biaya Cetak Tetap Efisien

Okt 8, 2018Artikel Fitur, Bisnis & Rumah, Printer & Pemindai

I CAN READ berhasil kurangi biaya cetak dengan bantuan Epson WorkForce Pro WF-R8591

Dengan volume cetak hingga 4.000 halaman per bulan, penyedia kursus I CAN READ selalu bermasalah dengan tingginya biaya cetak selama beberapa tahun belakangan ini.

Perusahaan yang memiliki sekitar 150 karyawan di Singapura ini berkecimpung di bidang kursus literasi bahasa Inggris untuk anak-anak dan siswa sekolah dasar selama 15 tahun terakhir.

Selama ini, mereka bergantung pada printer sewaan untuk mencetak berbagai laporan di 24 enrichment centers di wilayah Singapura.

Untuk mengendalikan biaya cetak yang terus meningkat seiring dengan pertumbuhan bisnis, I CAN READ memerlukan cara yang lebih ekonomis untuk memenuhi kebutuhan cetak mereka.

Kevin Zeng, manajer operasi regional di I CAN READ, mengatakan bahwa perusahaannya lebih memilih printer yang seimbang antara kualitas cetak dan biaya.

“Tantangan utama yang kami hadapi adalah biaya cetak yang tinggi, dan jika harga printer murah, kualitas cetaknya juga cenderung buruk,” katanya.

Selain kecepatan cetak, layanan purna jual dan durasi reparasi juga sama pentingnya. “Proses cetak yang lambat dapat memperlambat kinerja kami ketika harus mencetak dalam jumlah besar,” kata Zeng.

Di gerai Epson, Zeng dan timnya menguji Epson WorkForce Pro WF-R8591 dan memutuskan untuk memakai printer yang memiliki fitur Replaceable Ink Pack System (RIPS).

Teknologi RIPS ini telah terbukti menghemat biaya dan memungkinkan pemakainya untuk memusatkan semua proses cetak mereka dan meminimalisir kebutuhan akan stok tinta cetak. 

Dibandingkan dengan kartrid tinta lainnya, RIPS menggunakan tabung tinta berkapasitas tinggi yang dapat menampung volume tinta yang jauh lebih tinggi. Ini memungkinkan Epson WF-R8591 memberikan hasil yang lebih banyak hingga 75.000 halaman tanpa harus mengganti tinta.

Sejauh ini, performa Epson WF-R8591 memuaskan. Printer ini dipakai oleh sekitar 35 karyawan di kantor pusat I CAN READ untuk kebutuhan cetak sehari-hari, mulai dari draft hingga hasil akhir.

Yang lebih penting lagi, Zeng mengatakan bahwa biaya cetak warna yang dikeluarkan oleh perusahaannya sekarang lebih rendah daripada ketika memakai printer sewa.

“Biaya kepemilikannya masuk akal dan sejauh ini Epson WF-R8591 sangat bisa diandalkan. Printer ini juga sepadan antara biaya dan kualitasnya. Dengan biaya per cetak yang lebih rendah dan hasil cetak yang lebih banyak dari setiap paket tinta, kami cukup kaget bahwa kualitas cetaknya memenuhi kebutuhan kami, ”katanya.

Kualitas cetak yang tinggi dimungkinkan oleh teknologi DURABrite Ultra Ink dan kepala mesin cetak PrecisionCore yang menawarkan resolusi cetak hingga 4.800 x 1.200 dpi. Tidak perlu lagi waktu pemanasan dan halaman pertama dapat dicetak dalam waktu kurang dari tujuh detik.

Zeng juga puas dengan kecepatan cetak Epson WF-R8591. Pada pengaturan standar (default), printer ini mampu mencetak hingga 24 ipm, dan 34ppm untuk cetakan draf baik hitam maupun warna.

Untuk memenuhi kebutuhan bisnis berkembang seperti I CAN READ, Epson WF-R8591 dapat ditingkatkan dengan paper cassettes tambahan untuk mendukung kapasitas kertas di atas 1800 lembar.

Kertas dengan ukuran berbeda dapat ditempatkan dalam wadah (cassette) yang berbeda untuk pengaturan otomatis. Juga tersedia tray satuan untuk penggunaan kertas berformat manual seperti untuk kop surat. Selain itu, tersedia juga wadah kertas di bagian belakang untuk media khusus seperti foto.

Zeng mengatakan Epson WF-R8591 mudah digunakan. Rekan-rekannya dapat dengan cepat mengerti pengoperasian printer hanya setelah beberapa kali mencoba. Printer ini juga dilengkapi dengan berbagai pilihan konektivitas seperti Ethernet, Wi-Fi, faks RJ-11, serta Wi-Fi Direct yang memungkinkan empat perangkat terhubung ke printer dalam waktu yang bersamaan.

Singkatnya, mengenai pengalamannya dengan Epson WF-R8591 sejauh ini Zeng mengatakan: “Dengan bantuan printer Epson, kami jelas lebih produktif. Rekan-rekan di kantor pusat tidak perlu lagi berbagi satu printer utama terutama ketika kami melakukan cetakan dalam jumlah besar. Kami kini berencana melengkapi tempat-tempat belajar kami yang lebih besar dengan WF-R8591 setelah waktu sewa printer yang kami pakai saat ini usai”.

TANTANGAN

I CAN READ mau mengganti printer sewaan mereka dengan printer yang bisa menghasilkan hasil cetak berkualitas tapi dengan ongkos produksi yang rendah. Printer tersebut juga harus dapat mencetak dalam jumlah banyak, dalam waktu yang singkat, karena keterlambatan sekecil apapun bisa mengurangi produktivitas.

 

SOLUSI

Epson WorkForce Pro WF-R8591 dapat menghasilkan hingga 75.000 lembar cetakan tanpa henti, baik hitam putih maupun warna, dengan kualitas cetak profesional dalam waktu yang sangat cepat.

 

KEUNTUNGAN

  • Biaya operasional rendah
  • Mencetak dalam kecepatan tinggi
  • Mudah digunakan dan dirawat
  • Cetakan berkualitas tinggi

Gabung dengan Media Sosial kami

Share This