Membantu Sekolah Global Jaya dengan Teknologi RIPS dari Epson

Apr 27, 2019Bisnis & Rumah, Printer & Pemindai

Sekolah Global Jaya adalah lembaga pendidikan  terdepan yang menawarkan program pendidikan berakreditasi internasional di Indonesia. Sekolah ini berkomitmen menjadi “Gateway to the World” untuk para murid dengan menerapkan pengajaran, kebijakan, dan penggunaan teknologi yang inovatif. Sekolah Global Jaya meyakini pentingnya menumbuhkan cara pikir maju bagi setiap murid melalui pembelajaran yang berpusat pada murid dan pentingnya melatih kemampuan memecahkan masalah.

Dalam beberapa tahun belakangan, Sekolah Global Jaya menghadapi sejumlah tantangan terkait pertambahan jumlah murid—kini 1.000 orang dari 18 kewarganegaraan—yang masing-masing menerima layanan pendidikan terbaik dari total 150 orang guru dan tenaga kependidikan. Dalam proses mengoptimalkan investasi sumber daya, pihak sekolah melihat bahwa teknologi cetak yang dahulu digunakan dan sudah kian menua perlu dievaluasi lebih jauh.

Setelah audit menyeluruh, staf IT mengidentifikasi tantangan berupa kebutuhan volume cetak yang amat tinggi sementara mesin yang ada tidak mampu memberikan performa pada tingkat yang dibutuhkan. Sehari-hari, mesin digunakan untuk mencetak materi ajar, tugas, tes, dan laporan kinerja semua murid mulai dari tingkat prasekolah hingga menengah atas.

Tantangan

“Dulu, guru seringkali harus mengantre cukup lama untuk bisa mencetak dan harus menghadapi pengaturan cetak yang rumit untuk setiap kebutuhan cetak yang berbeda. Tak jarang, mesin berhenti bekerja dan menambah rasa frustrasi,” kata Pak Chairul dari Departemen IT Sekolah Global Jaya. Selai itu, kebutuhan cetak bisa timbul sewaktu-waktu dan tidak terkoordinasi dengan baik karena teknologi yang ada tidak memiliki kemampuan konektivitas jarak jauh maupun fungsi pengurutan cetak.

Sering, pengguna mesin harus berkali-kali mendatangi ruang cetak karena mesin tiba-tiba tidak bekerja di tengah pencetakan bervolume besar. Hal ini mengganggu produktivitas guru dan menghambat ruang bagi murid berinteraksi serta memaksimalkan waktu belajar dengan guru masing-masing. Pada akhirnya, guru terpaksa mengurangi kebutuhan cetaknya dan mengandalkan cara-cara lain penyampaian informasi kepada masing-masing murid.

Tak hanya itu, teknologi cetak yang sebelumnya digunakan sekolah juga tidak efisien dari segi biaya maupun lingkungan. Kecepatan cetak yang rendah berarti mesin harus terus-menerus beroperasi pada tingkat konsumsi daya tertinggi. Biaya perbaikan berulang kali pun menjadi lebih mahal jika dibandingkan total usia kerja mesin. Konsumsi tinta pun tidak efisien sehingga pihak sekolah harus mengeluarkan biaya signifikan untuk mengganti kartrid tinta—hal yang sekaligus memberikan dampak lingkungan.

Solusi dan Pencapaian

Semua hal ini berubah sejak Sekolah Global Jaya mengganti mesin cetak laser yang lama dengan teknologi cetak Epson WorkForce Pro WF-C869R. Mesin RIPS dari EPSON mampu memberikan biaya cetak efisien sekaligus performa prima untuk menyamai pertumbuhan kebutuhan cetak di sekolah. Mesin RIPS WF-C869R mampu mencetak sampai dengan 86.000 halaman dengan panjang standar menggunakan satu kartrid tinta.

Kecepatan cetak luar biasa pada 35 halaman per menit tanpa perlu menunggu mesin panas dan kecepatan cetak halaman pertama kurang dari enam detik jelas bermanfaat untuk para penggunanya di Sekolah Global Jaya. Performa prima pun sama sekali tidak mengurangi mutu cetak: mesin RIPS menawarkan Resolusi Cetak tinggi 600 x 600 dpi untuk cetak standar dan sampai dengan 4.800 x 1.200 dpi untuk cetak dengan media khusus.

Selain kinerja cetak, Sekolah Global Jaya juga membutuhkan teknologi yang bisa membantu mengoptimalkan jadwal cetak berdasarkan kebutuhan pengguna yang berbeda-beda. Epson WF-C869R berperan baik di sini melalui kemampuan pengelolana perintah cetak yang efisien dan kemampuan konektivitas jaringannya yang canggih.

Hasilnya, kecepatan cetak yang lebih tinggi membantu mengangkat produktivitas dan mengurangi antrean. “Mesin RIPS memudahkan hidup semua orang. Mesin ini sangat ramah pengguna; mudah bagi guru memahami cara menggunakan mesin cetak Epson dan cetak juga bisa dilakukan secara jarak jauh menggunakan jaringan internet. Kecepatan cetak luar biasa tinggi sehingga guru tak perlu mengantre,” terang Pak Chairul.

Setelah setahun menggunakan mesin RIPS WF-C869R dari Epson, Sekolah Global Jaya mencatatkan biaya cetak yang lebih rendah sekaligus produktivitas cetak lebih tinggi. “Setelah satu tahun dengan mesin Epson, kami tidak pernah lagi punya masalah serius dengan mesin cetak. Tinta mesin masih ada dan belum pernah ada kerusakan yang membutuhkan perbaikan.”

Mesin cetak RIPS dari Epson juga memiliki fitur keamanan canggih termasuk IP Address Filter, LDAP Address Book, PIN, dan Limited Access Functions untuk mencegah akses yang tidak diinginkan pada mesin yang terkoneksi ke internet ini. Di luar fitur keamanan, keandalan, dan efisiensi biaya WF-C869R mesin juga patuh pada standar Energy Star serta menawarkan penghematan energi yang signifikan dibandingkan mesin cetak laser yang tradisional.

Kesimpulan

Teknologi di atas menjawab kebutuhan di semua aspek yaitu biaya cetak, produktivitas pengguna akhir, dan mutu hasil cetak. Melalui keandalan, keamanan, dan efisiensi biaya energi dan biaya serta performa cetak efisien yang diberikannya, mesin RIPS dari Epson memiliki TCO lebih rendah dibandingkan produk lain,

“Epson memungkinkan proses cetak yang benar-benar mulus dan bermanfaat untuk setiap pengguna. Murid-murid kami menerima dokumen yang mereka butuhkan tepat waktu tanpa guru harus bersusah payah. Dari segi biaya pun, kami berhasil menjaga pengeluaran sesuai anggaran IT. Kami yakin kerja sama dengan Epson akan berlangsung hingga bertahun-tahun mendatang,” tutup Pak Chairul.

Gabung dengan Media Sosial kami

Share This