Mesin Cetak Inkjet – Lebih Baik Untuk Lingkungan Dan Bisnis

Apr 20, 2019Bisnis & Rumah, Printer & Pemindai

Bagi banyak perusahaan pada masa ini, tanggung jawab terhadap lingkungan adalah tujuan penting yang ingin mereka capai. Selain tekanan masyarakat dan politik yang tinggi bagi perusahaan untuk memenuhi sasaran lingkungannya, tak ada perusahaan yang ingin tertinggal dalam “lomba hijau”. Bicara perihal teknologi hijau, melengkapi tempat kerja dengan peralatan hemat energi jelas merupakan pilihan terbaik dari sudut pandang lingkungan dan finansial.

Setiap tempat kerja berpotensi menjadi tempat yang ramah lingkungan. Untuk itu, perhatian terhadap detail terkecil maupun keputusan finansial yang lebih baik adalah hal-hal penting yang akan membawa perbedaan.

Memilih mesin cetak terbaik

Saat hendak memilih mesin cetak, terlebih antara jenis inkjet dan laser, pertanyaan seputar kualitas, ramah lingkungan, biaya pengoperasian, dan biaya pengadaan adalah pertanyaan-pertanyaan yang perlu dipertimbangkan.

Mesin cetak inkjet – Pilihan ramah lingkungan yang lebih baik untuk bisnis

Bagi Anda yang membutuhkan mesin dengan biaya pengoperasian terjangkau, maka mesin cetak inkjet yang ramah lingkungan dari Epson adalah pilihan ideal. Biaya pengadaannya lebih rendah dan dan, dalam jangka panjang, biaya penggunaannya lebih murah dibandingkan mesin cetak laser tradisional.

Tanpa pemanfaatan panas dalam proses cetaknya, mesin cetak inkjet lebih hemat energi dibandingkan laser. Selain mengonsumsi listrik 80% lebih rendah dibandingkan mesin cetak laser dengan kecepatan yang sama, karbondioksida yang dihasilkan mesin cetak inkjet untuk bisnis dari Epson juga 85% lebih rendah dibandingkan mesin-mesin cetak laser yang sejenis[1].

Artinya, untuk setiap 6 pohon cedar yang dibutuhkan untuk menyerap karbondioksida yang dihasilkan mesin cetak laser, mesin cetak inkjet dari Epson hanya membutuhkan 1 pohon[2].

Di lingkungan kantor yang kebutuhan cetaknya tinggi, konsumsi listrik sebesar 18,7kw/h untuk mesin cetak inkjet dari Epson dibandingkan mesin laser sejenis1 akan menghasilkan penghematan signifikan dalam pengeluaran listrik setiap tahunnya.

Jumlah komponen habis pakai dan kemasan yang diperlukan satu meisn cetak inkjet (kiri) dan mesin laser (kanan)

Dalam hal limbah yang dihasilkan, mesin cetak inkjet dari Epson memiliki lebih sedikit komponen yang perlu diganti sehingga lebih praktis dioperasikan karena hanya membutuhkan penggantian tinta dan menghasilkan limbah tangki dibandingkan toner, drum, developer, fuser, dan komponen lain pada mesin laser. Hal ini bukan hal sepele; dengan 59% lebih sedikit komponen habis pakai dibandingkan mesin laser, dampak terhadap lingkungan selama usia hidup mesin menjadi jauh lebih rendah.

Selain itu, semakin sedikit komponen habis pakai dan yang perlu penggantian, semakin sedikit pula waktu-waktu ketika mesin tidak beroperasi dan pemeliharaan dibandingkan mesin laser. Waktu yang dibutuhkan pengguna untuk mengganti komponen tertentu pun bisa dihemat sampai denga separuhnya dibandingkan mesin laser, sehingga produktivitas kerja menjadi lebih baik dalam jangka panjang.

Mesin cetak inkjet – Mempertahankan aspek Kecepatan dan mutu

Berkat desain dan teknologi yang dimilikinya, mesin cetak inkjet untuk kantor dari Epson menawarkan banyak manfaat bagi bisnis. Rangkaian produk WorkForce tak hanya unggul dari segi minim limbah, tetapi juga waktu operasional mesin. Dengan demikian, efisiensi energi dicapai tanpa mengorbankan kecepatan dan mutu cetak.

Seri WF-C20590 memiliki fitur dan kecepatan cetak yang superior dibandingkan model laser, memberikan hasil cetak luar biasa dengan biaya hanya separuhnya. Seri ini menawarkan kecepatan 100 ipm untuk cetak hitam putih dan warna, cetak halaman pertama super cepat dan tanpa waktu tunggu—hal-hal yang ideal bagi lingkungan kerja yang amat sibuk. Semua ini ditawarkan tanpa menurunkan kualitas.

Lini mesin cetak inkjet dari Epson dirancang berdasarkan teknologi yang dapat mengakomodasi kebutuhan kerja berbagai skala dan yang awalnya digunakan dalam pencetakan label berksala besar, menawarkan hasil teks tajam dan warna cerah untuk kebutuhan cetak pada berbagai media. Di antara fitur yang dimilikinya adalah mutu cetak tinggi hingga 600x2400dpi. Mesin juga menggunakan teknologi PrecisionCore yang menghasilkan 40 juta titik per detik dengan akurasi tinta luar biasa.

Kesimpulan: mengapa memilih mesin cetak inkjet dari Epson?

Epson punya pengalaman luar biasa dalam hal pengembangan produk inovatif dan hemat energi, dan perusahaan Anda layak mendapatkan mesin cetak dengan kualitas kerja terbaik dari segala sisi. Bekerja dengan layanan pencetakan dan solusi manajemen dokumen terbaik di bidangnya berarti menghadirkan pengalaman kerja yang mulus tanpa gangguan secara menyeluruh.

Epson bisa membantu perusahaan menghemat biaya operasional secara keseluruhan serta jejak karbon dan memastikan solusi cetak perusahaan seaman dan seandal mungkin. Bersama rangkaian WorkForce dari Epson, perusahaan dipastikan bisa memenuhi “tripple bottom line”—tiga tataran target usaha—bagi bisnis percetakan dengan meningkatkan kinerja lingkungan, ekonomi, dan kemasyarakatan.

[1] Keypoint Intelligence Buyers Laboratory Custom Report (Mei 2017) – Hasil  uji yang membandingkan Mesin Cetak Epson WorkForce Enterprise WF-20590TWF vs Mesin Cetak Warna Laser A3 termasuk dalam hal dampak lingkungan.

[2] Emisi CO2 tahunan dihitung berdasarkan indikator unit EPSON LCA (0,416kg-CO2/kWh). Kadar penyerapan CO2 pohon cedar dikonversi pada 8,8 kg per cedar berdasarkan data yang diterbitkan Badan Kehutanan Jepang.

Gabung dengan Media Sosial kami

Share This