Epson Bantu Usaha Kecil Tekan Biaya Cetak

Okt 18, 2018Bisnis & Rumah, Printer & Pemindai

Ms Lam Sze Wei, Business Director for Sales and Marketing, iT-DNS

Dengan printer sistem ink-tank L655 yang mutakhir, penyedia sistem keamanan iT-DNS tidak lagi berpikir dua kali sebelum mencetak dokumen.

Seperti banyak usaha kecil lainnya, iT-DNS sudah lama bermasalah dengan biaya cetak tinggi yang dapat di luar kendali jika dibiarkan. Sebagai penyedia sistem keamanan, perusahaan ini menyediakan pengawasan video pada acara skala besar seperti Parade Hari Kemerdekaan (Singapura) sehingga perlu mencetak ratusan halaman faktur, penawaran harga, laporan, materi pelatihan, dan dokumen tender setiap bulannya menggunakan dua printer dengan sistim tangki tinta.

“Kami sering kehabisan tinta setelah mencetak beberapa ratus lembar dokumen. Beberapa di antaranya merupakan denah lokasi mendetail yang dicetak full-colour,” ungkap Lam Sze Wei, direktur bisnis iT-DNS untuk penjualan dan pemasaran.

“Seiring waktu, mengganti kartrid tinta jadi semakin mahal sehingga kami mulai berpikir dua kali sebelum mencetak dokumen kecuali memang benar-benar diperlukan,” tambahnya.

“Menghadapi dilema ini, kami putuskan untuk membeli mesin cetak laser warna dengan biaya per halaman lebih murah,” katanya lagi. “Namun, ternyata kualitas warnanya tidak sebanding dengan printer inkjet kami, jadi yang sering kami lakukan adalah mencetak hitam-putih dan menandai bagian penting dengan stabilo.”

Solusi untuk masalah di atas datang dalam bentuk Epson L655, printer sistem tangki tinta pertama dunia dengan kemampuan cetak dua sisi. Mesin ini dapat membantu usaha kecil meningkatkan produktivitas cetak dan mengurangi pemborosan kertas dengan mencetak ribuan halaman sebelum harus mengisi ulang tinta.

Diluncurkan pertama kali pada 2010 oleh Epson, L-Series—termasuk L655—adalah mesin cetak dengan sistem tangki tinta revolusioner yang menyimpan tinta dalam tangki berukuran besar di luar mesin cetak dan tidak menggunakan kartrid.

Hasilnya: L655 dapat mencetak hingga 6.000 halaman hitam putih menggunakan satu botol tinta hitam, dan 6.500 lembar berwarna menggunakan botol tinta cyan, magenta, dan kuning.

“Saya sangat terkesan dengan kemampuan printer ini yang bisa mencetak ratusan halaman tanpa level tinta berkurang signifikan. Dari pengalaman saya dengan printer inkjet lain, tinta biasanya cepat habis”.

Harga tinta pun cukup murah. Sebotol tinta hitam berharga $18,90 sementara botol tinta warna $9,90 per botol. Ini berarti biaya per halaman hanya $0,0032 untuk cetak hitam putih, dan $0,004 untuk berwarna.

“Biaya per halamannya bahkan lebih rendah daripada printer laser kami, yang mencetak sekitar 2.000 sampai 3.000 halaman dengan satu toner seharga $100. Dengan L655, saya sekarang dapat mencetak semua dokumen dengan warna tanpa mengkhawatirkan biaya cetak, ”kata Nn. Lam.

“Dan karena semua dokumen kami sekarang berwarna, kami juga jadi lebih produktif—tidak perlu lagi memberikan stabilo pada detail penting di dalam dokumen,” tambahnya.

L655 didesain untuk bisa mengikuti ritme bisnis yang serba cepat, dengan kecepatan cetak hingga 13,7 ipm untuk cetak standar dan 6,5 ipm untuk cetakan dua sisi.

Lam menyatakan sangat puas dengan kecepatan cetak L655 yang dihasilkan printhead berteknologi PrecisionCore™ yang bisa ‘menembak’ sebanyak 50.000 kali per detik.

Mencetak dengan kecepatan tinggi tidak berarti kompromi dalam kualitas cetak. PrecisionCore™ dari Epson dapat menghasilkan resolusi cetak hingga 4.800 x 1.200 dpi, dengan tingkat detail yang tinggi dan gradasi warna yang sangat halus.

“Diagram dan warna hasil cetaknya jelas lebih baik daripada yang dicetak oleh beberapa printer lama yang kami coba sebelumnya,” kata Ms Lam.

Fitur unggulan L655 bukan hanya dalam hal cetak mencetak. Printer ini Ini juga dilengkapi dengan kemampuan fotokopi dan pindai yang mempercepat gerak perusahaan dalam hal memperbanyak dan mendigitalkan dokumen  menggunakan pengumpan dokumen otomatis yang bisa memproses 30 lembar sekaligus.

Lam juga menggunakan L655 sebagai mesin faks utama berkat fungsi Broadcast Fax dan PC-fax yang dapat digunakan untuk mengirim beberapa dokumen secara bersamaan melalui komputer. Memori penyimpanan faks hingga 100-halaman juga memastikan semua faks yang masuk akan diterima dengan aman.

Kesimpulannya, Lam menyatakan: “Biaya per halaman L655 yang rendah adalah keunggulan paling penting yang memungkinkan kami untuk mencetak dokumen tender—dan bukan hanya membacanya di laptop—untuk meminimalkan biaya cetak. Kemampuan cetak dua sisi juga sangat membantu dalam mengurangi ketebalan dokumen cetak yang kami bawa dari kantor. ”

Printer L655 disertai dengan garansi dua tahun, atau 50.000 lembar cetak, mana yang terpenuhi terlebih dahulu*. Layanan ini memberikan ketenangan bagi para usaha kecil karena berarti tidak akan ada lagi biaya tambahan untuk suku cadang, termasuk kepala mesin cetak, selama masa garansi.

* Masa garansi standar adalah satu tahun, dengan garansi tambahan 1 tahun yang diaktifkan dengan mendaftarkan garansi melalui internet.

Gabung dengan Media Sosial kami

Share This