Penelitian Epson Mengungkapkan Perhatian Global Berfokus pada Perubahan Iklim – Terlepas dari Konflik dan Kendala Ekonomi – Orang Bertindak untuk Mencegah Bencana

Nov 8, 2022Perusahaan

  • Penelitian menunjukkan bahwa orang melihat perubahan iklim sebagai ancaman utama – setara dengan krisis keuangan yang sedang berlangsung
  • Survei terhadap 26.205 orang di 28 pasar menunjukkan bahwa meskipun dampak iklim meningkat, optimisme iklim telah tumbuh menjadi lebih dari 48%
  • Kesadaran akan perubahan iklim mengarahkan orang-orang dari seluruh dunia untuk mengadopsi gaya hidup yang lebih berkelanjutan

 

– TOKYO, Jepang, 6 November, 2022-

Di seluruh dunia, orang-orang meningkatkan upaya-nya untuk mencegah perubahan iklim, menurut temuan terbaru dari Climate Reality Barometer kedua dari Epson. Penelitian dari pemimpin teknologi global menunjukkan bahwa untuk sementara ekonomi dunia terbukti menjadi gangguan dari upaya untuk mengatasi tantangan perubahan iklim, perubahan iklim tetap menjadi perhatian utama bagi banyak orang.

Terlepas dari setahun dampak iklim yang belum pernah terjadi sebelumnya, survei tersebut juga mengungkapkan bahwa orang-orang semakin optimis bahwa bencana iklim dapat dihindari dalam hidup mereka. Namun, data juga menunjukkan, bahwa terdapat variasi yang signifikan dalam tingkat kepercayaan, yang didorong oleh faktor-faktor seperti ekonomi dan usia.

 

Optimisme – dipengaruhi oleh ekonomi dan usia

Tidak mengherankan, masalah keuangan langsung menjadi perhatian utama masyarakat. Sementara “memperbaiki ekonomi” (22%) dan “kenaikan harga” (21%) berada di urutan teratas dalam daftar prioritas responden, perubahan iklim menempati urutan ketiga yang sangat dekat (20%). Terlepas dari penurunan ekonomi global, konflik, dan tagihan energi yang melonjak, krisis iklim tetap menjadi perhatian banyak orang di seluruh dunia.

Namun, kekhawatiran iklim tidak mengarah pada pesimisme. Sebelum COP 26 pada November 2021, 46% responden global optimis bahwa bencana iklim dapat dihindari dalam seumur hidup. Saat dunia bersiap untuk COP27 di Mesir tahun ini, optimisme telah meningkat menjadi lebih dari 48%. Ini terjadi terlepas dari dampak perubahan iklim yang disaksikan selama setahun terakhir, menunjukkan ‘defisit realitas’ pada orang-orang yang berpotensi salah dalam memahami dampak perubahan iklim di masa depan untuk dunia.

Menelusuri lebih jauh, jelas bahwa rata-rata global menutupi variasi regional yang mengejutkan dalam tingkat kepercayaan. Optimisme lebih rendah di sebagian besar negara maju, misalnya, daripada di negara berkembang.

  • Masing-masing negara anggota G7 semua mencatat tingkat optimisme secara signifikan di bawah rata-rata global 48%: Kanada (36,6%); Prancis (22,5%); Jerman (23,8%); Italia (25,2%); Jepang (10,4%); Inggris (28,4%); dan AS (39,4%).
  • Ekonomi yang berkembang pesat dan tumbuh cepat mencatat tingkat optimisme iklim secara signifikan di atas rata-rata global: China (76,2%); India (78,3%); Indonesia (62,6%); Kenya (76%); Meksiko (66%); dan Filipina (71,9%).

 

Temuan juga menunjukkan bahwa usia merupakan faktor, dengan rentang usia tertua dan termuda paling peduli tentang perubahan iklim. Mereka yang berusia 55 tahun ke atas adalah satu-satunya kelompok yang mengutip perubahan iklim sebagai masalah global yang paling mendesak (22,2%), sedangkan kelompok 16 hingga 24 adalah satu-satunya yang menempatkannya di peringkat kedua (19,3%) – semua rentang usia lainnya menempatkannya di peringkat ketiga.

Yasunori Ogawa, presiden global Epson, berkomentar: “Tujuan perusahaan Epson berfokus pada peningkatan kehidupan dan planet ini, dan kami akan mencurahkan sumber daya yang signifikan untuk mencapai hal ini. Saat dunia berkumpul untuk COP27, Barometer Realitas Iklim kami bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan memberdayakan perubahan transformasional.

“Kami berharap wawasan mengenai Barometer ini akan membantu pemerintah, industri, dan individu untuk meningkatkan upaya mereka dalam mencegah bencana iklim. Meskipun kami tahu jalan masih panjang, kami percaya kami dapat membangun masa depan yang lebih baik jika kami bekerja sama dan bertindak sekarang.”

 

Realitas, pengaruh, dan tindakan  

Meningkatnya optimisme global tampaknya bertentangan dengan realitas iklim. Pada tahun 2022, Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim (IPCC) mengumumkan bahwa “Perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia menyebabkan gangguan yang berbahaya dan meluas di alam dan mepengaruhi kehidupan miliaran orang di seluruh dunia….”

Tahun ini saja, gangguan telah mencakup peristiwa iklim yang merugikan di setiap benua, termasuk: ‘kekeringan besar’ selama beberapa dekade di Afrika dan Amerika Selatan; pemanasan cepat di Arktik dan Antartika; banjir mematikan di Asia dan Australasia; suhu yang belum pernah terjadi sebelumnya di seluruh Eropa; dan danau yang lenyap di Amerika Utara.

Ilmuwan lingkungan dan Co-CEO Change by Degrees, Dr Tara Shine, mengatakan: “Kenyataan pahitnya adalah bahwa tujuh tahun terakhir telah menjadi yang terhangat dalam catatan dan kami menghadapi risiko nyata melewati batas suhu yang aman. Namun survei ini menunjukkan bahwa orang-orang di seluruh dunia tetap berharap bahwa tindakan mereka bersama dengan tindakan pemerintah dan perusahaan dapat mengubah masyarakat menjadi lebih baik.

“Tantangan langsung yang dihadapi ekonomi di seluruh dunia, termasuk kenaikan harga energi dan pangan, adalah penyebab dan gejala perubahan iklim. Perencanaan untuk jangka panjang dan memungkinkan orang untuk mengambil tindakan iklim sekarang adalah tindakan paling kuat yang dapat dilakukan negara-negara untuk mempertahankan optimisme iklim, mengurangi polusi karbon, dan membangun ketahanan terhadap dampak iklim.”

Optimisme yang tidak memenuhi syarat mungkin dipandang sebagai angan-angan, tetapi temuan Epson menunjukkan bahwa responden mengakui dampak perubahan iklim. Lebih dari delapan dari 10 orang (80,2%) mengutip bukti dari mata mereka sendiri – menyaksikan perubahan iklim dalam kehidupan sehari-hari mereka – sebagai faktor paling berpengaruh dalam membangun kesadaran. Pengaruh informasi iklim penting lainnya meliputi:

  • 75,7% mengutip tindakan dan/atau kampanye pemerintah
  • 75% mengutip berita online dan offline
  • 74.2% mengutip media sosial
  • 64,8% mengutip kampanye bisnis atau komunitas
  • 64% mengutip konferensi COP

 

Tampaknya, pada tahun 2022, optimisme tidak mengarah pada rasa kepuasan diri, melainkan memacu orang untuk bertindak. Antara tahun 2021 dan 2022, jumlah responden yang memiliki, atau berencana untuk:

  • Dengan berjalan kaki dan/atau bersepeda lebih banyak telah tumbuh dari 83,7% menjadi 87,2% – 31,8% telah melakukannya selama lebih dari setahun
  • Perubahan ke energi terbarukan telah tumbuh dari 78,2% menjadi 82,4% – 18,6% telah melakukannya selama lebih dari setahun
  • Mengurangi perjalanan bisnis dan liburan internasional dan perjalanan rekreasi telah tumbuh dari 65,1% menjadi 68,2% – 23% telah melakukannya selama lebih dari setahun
  • Beralih ke kendaraan listrik telah tumbuh dari 68% menjadi 72,7% – 10,6% telah melakukannya selama lebih dari setahun
  • Mengadopsi pola makan nabati telah tumbuh dari 67,6% menjadi 68,9% – 16,5% telah melakukannya selama lebih dari setahun

 

Sementara tindakan individu meningkat, jelas bahwa lebih banyak yang perlu dilakukan. Pemerintah perlu mengatur keberlanjutan, bisnis perlu mengembangkan kebijakan dan teknologi berkelanjutan, dan individu perlu mempercepat perubahan gaya hidup – jika dunia ingin memenuhi target perubahan iklim dan menghindari perubahan yang tidak dapat diubah.

Direktur keberlanjutan Epson Europe, Henning Ohlsson, mengatakan: “Kami memiliki tanggung jawab kepada generasi muda untuk memastikan bahwa kami meninggalkan planet ini adalah keadaan yang lebih baik setelah beberapa decade mengalami kerusakan.”

“Tidak ada satu proses solusi untuk masalah ini, kita semua harus berperan. Pemerintah, perusahaan, dan masyarakat semua harus bekerja sama untuk mencegah bencana ini. Sebagai pemimpin teknologi global, tugas kami adalah memfokuskan kembali upaya kami pada pengembangan solusi yang akan membantu mengurangi dampak lingkungan dari produk kami. Dengan bekerja sama dan menemukan solusi, secara kolektif kita semua dapat menginspirasi tindakan dan membawa perubahan.”

 

Tentang Barometer Realitas Iklim 2022 Epson:   

Barometer Realitas Iklim 2022 Epson mensurvei 26.205 responden umum dari pasar berikut: Australia, Brasil, Kanada, Chili, Cina, Mesir, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Kenya, Malaysia, Meksiko, Maroko, Filipina, Arab Saudi, Singapura, Afrika Selatan, Korea Selatan, Spanyol, Taiwan, Thailand, Turki, Inggris, AS, dan Vietnam.

Di mana perbandingan tahun ke tahun ditampilkan, 17.273 konsumen di Inggris, Jerman, Italia, Prancis, Spanyol, AS, Brasil, Australia, Cina, Singapura, India, Jepang, Indonesia, Korea Selatan, Taiwan, UEA, Israel, dan Afrika Selatan (Berusia 16+) (06.08.2021 – 04.10.2021).

 

Tentang Epson

Epson adalah pemimpin teknologi global yang memiliki filosofi inovasi yang efisien, ringkas, dan tepat dalam memperkaya kehidupan dan membantu menciptakan dunia yang lebih baik. Perusahaan ini berfokus pada memberikan solusi sosial melalui inovasi dalam percetakan rumah dan kantor, percetakan komersial dan industri, manufaktur, visual dan gaya hidup. Tujuan Epson akan menjadi karbon negatif dan menghilangkan penggunaan sumber daya bawah tanah yang dapat habis seperti minyak dan logam pada tahun 2050. Dipimpin oleh Seiko Epson Corporation yang berbasis di Jepang, Grup Epson di seluruh dunia menghasilkan penjualan tahunan lebih dari 1 triliun JPY. Kunjungi global.epson.com/ untuk informasi lebih lanjut.

 

Tentang Epson Indonesia 

PT Epson Indonesia berdiri pada bulan Oktober 2000 sebagai perwakilan penjualan dan pemasaran di Indonesia. PT Epson Indonesia beroperasi di bawah kendali kantor regional Epson Singapore, Pte. Ltd.

Saat ini, PT Epson Indonesia yang bertempat di Jakarta telah memiliki 28 lokasi purnajual (16 Epson Sales & Service dan 12 Epson Service Center) Dengan didukung oleh distributor-distributor yang berpengalaman dan jaringan dealer yang tersebar di seluruh kota besar di Indonesia, PT Epson Indonesia telah mampu memperluas penjualan ke seluruh pelosok Indonesia. PT. Epson Indonesia kini memasarkan produk printer SIDM (Dot Matrix), Inkjet, Laser, LFP termasuk consumablesnya, dan produk-produk lain seperti scanner, dan proyektor. Silakan kunjungi situs kami epson.co.id.

 

Kontak media: 

Informasi lebih lanjut:

Nolly Dhanurendra

Head of Brand & Communication

Marketing Department PT Epson Indonesia +6221 808 66 766 ext. 6787 nolly.d@ein.epson.co.id

 

Indah Febrianti

Public Relations

Marketing Department PT Epson Indonesia +6221 808 66 766 ext. 3711 Indah.f@ein.epson.co.id

Gabung dengan Media Sosial kami

Share This