Proyektor atau Dinding Video LED: Yang Perlu Anda Ketahui

Mar 31, 2021Proyektor, Visual Instrument

Memiliki komponen audio-visual berkualitas merupakan aspek esensial dari penyelenggaraan acara berskala besar, karena audiens mengharapkan pesona maksimal dari acara besar demikian. Saat merencanakan elemen visual, pertanyaan terpenting yang biasanya muncul adalah mana yang akan digunakan, proyektor atau Dinding Video LED. Bergantung pada kebutuhan acara Anda, penting untuk memilih opsi paling sesuai, yang akan memberikan hasil terbaik bagi Anda.

 

Lebih baik dari semuanya

Salah satu keunggulan terbesar dari memilih proyektor adalah fleksibilitasnya dalam mengakomodasi berbagai ukuran kanvas dan latar belakang proyeksi dengan instalasi yang sangat mudah. Dibandingkan dengan Dinding Video LED, yang pemasangan dan instalasinya bisa cukup mahal dan butuh waktu lama, proyektor lebih terjangkau dalam pembelian dan perawatannya. Proyektor juga sangat sesuai untuk ruangan atau dinding yang ukurannya tidak umum atau permukaannya tidak teratur.

Dalam acara Singapore Bicentennial pada tahun 2019, yang menandai 200 tahun pendaratan Stamford Raffles di Singapura, sekitar 70 proyektor Epson digunakan untuk menghidupkan kembali sejarah pada seluruh instalasinya. Berkat kemampuan pemetaan proyeksi Epson yang akurat dan tingkat kecerahan proyeksinya yang tinggi, pengunjung langsung menikmati pengalaman yang menghanyutkan dari awal hingga akhir.

Pengunjung memulai perjalanan dari Atrium, yang menyajikan proyeksi melingkar yang tajam dan mendetail tentang posisi Singapura di dunia 700 tahun yang lalu. Dalam Babak II dan III, pengunjung terus duduk sementara proyektor menciptakan ekstravaganza visual 270 derajat dengan layar yang bergerak. Tuntutan teknis tingkat tinggi ini menjadikan Dinding Video LED kurang sesuai untuk acara tersebut karena akan menambah beban bagi sistem penyangganya.

 

Setiap detail terlihat

Untuk meminimalkan tantangan logistik dalam pengangkutan dan penyiapan peralatan untuk acara besar, proyektor mungkin merupakan solusi yang tepat karena bobotnya lebih ringan. Misalnya, proyektor Epson EB-L30000UNL merupakan salah satu proyektor laser 3LCD paling ringan dan paling kecil di dunia dengan fleksibilitas instalasi 360 derajat. Dengan kemampuan 30.000 lumen dalam bodinya yang tangguh dan ringkas, perangkat ini menghasilkan proyeksi dengan rasio kontras tinggi.

Proyeksi yang hidup dan berdampak kuat dijamin, bahkan di tempat yang sangat besar, karena proyektor EB-L30000UNL dilengkapi dengan teknologi peningkatan 4K. Dirancang untuk tempat yang sangat besar seperti tempat wisata dan gedung kuliah umum, setiap detail gambar yang diproyeksikan akan terlihat cerah, hidup, dan persis seperti aslinya.

 

Harganya?

Menciptakan gambaran yang hidup tidak harus mahal. Bahkan, biaya awal untuk proyektor ini cukup rendah, tidak seperti Dinding Video LED, mengingat bahwa proyektor tidak memerlukan perangkat lunak, perangkat keras, atau pengontrol tambahan, karena konten dapat diambil secara langsung dari sumber komputer.

Ada juga kemungkinan malfungsi pada salah satu Dinding Video LED, yang akan mengganggu keseluruhan pengalaman menonton. Dengan demikian, dalam pemasangan multipanel, penggantian keseluruhan instalasi mungkin diperlukan. Belum lagi jarak lihat minimum yang diperlukan oleh Dinding Video LED, dibandingkan dengan proyektor. Lebih dari itu, proyektor laser dapat beroperasi hingga 20.000 jam dengan sedikit atau bahkan tanpa perawatan[1]. Proyektor juga memiliki keunggulan berupa mesin optik yang tersegel rapat; bagian terpenting proyektor, seperti bank laser dan roda fosfornya, dibuat dalam keadaan tersegel rapat sehingga mencegah kontaminasi debu dari luar.

Dengan pilihan teknologi yang tepat, kemungkinan yang bisa dicapai acara Anda menjadi tidak terbatas. Entah Anda hendak merekonstruksi ledakan di masa lalu atau menciptakan dunia futuristik, buat audiens Anda terpukau dengan proyektor terbaik untuk merealisasikan imajinasi mereka yang paling dahsyat.

 

[1] Waktu berbeda-beda bergantung pada kondisi dan lingkungan penggunaan.

Gabung dengan Media Sosial kami

Share This