Meraih Pasar Baru Dengan Cetak Tekstil Digital

Okt 3, 2018Printer & Pemindai, Tekstil

Teknologi cetak tekstil digital siap merevolusi industri tekstil. Pada 2021 nanti, sektor percetakan tekstil digital diharapkan tumbuh dua kali lipat dari tahun ke tahun secara global, dengan hampir dua miliar meter persegi kain dikonsumsi. Dari segi nilai pasar, pasar percetakan tekstil diharapkan mencapai $2,6 miliar dalam tiga tahun mendatang.

Pertumbuhan fenomenal di atas akan didorong oleh gencarnya permintaan konsumen terhadap produk yang mengalami personalisasi sesuai kebutuhan mereka. Maraknya e-commerce, internet, dan perilaku konsumen yang selalu berubah menjadi pencetus pergeseran permintaan ini.

Di sisi lain, industri tekstil secara umum juga tengah mengalami perubahan: dari produksi massal ke produksi personalisasi besar-besaran. Hal ini dapat terjadi berkat kemajuan teknologi digital di bidang percetakan.

Bagi para perancang tekstil, perubahan perilaku konsumen dan keunggulan yang diberikan teknologi cetak digital membuka pintu kesempatan untuk menemukan pasar baru  dan menjawab selera konsumen yang amat beragam.

Terjemahan gambar (kiri ke kanan)

Imajinasi Anda – Cetak – Jadikan Karya

Menurut perancang Malaysia Ellie Norman, misalnya, pengalamannya menggunakan teknologi cetak digital pada kain selama perhelatan KL Fashion Week  2017  menunjukkan bahwa dengan teknologi ini, “desain apapun yang dibuat di komputer bisa diwujudkan pada kain.”

Cetak digital memang menawarkan ruang yang lebih leluasa bagi desain tekstil. Bagi penggunanya, keleluasan ini dapat lebih dimaksimalkan saat tiba waktunya mencetak karena desain kompleks seperti gradasi halus pun dapat dimunculkan pada kain.

Bagi pelaku usaha, metode digital seperti ini memungkinkan mereka berfokus memenuhi keinginan individual tiap pelanggan. Ada beragam solusi dan produk yang dapat ditawarkan khusus untuk masing-masing orang.

Para pencipta pun dapat meningkatkan pendapatan usaha dengan mengerjakan produksi jangka pendek, namun sekaligus meningkatkan mutu layanan dan variasi produk.

Seniman Malaysia Nini Marini kini menghadirkan karyanya ke dalam keseharian dengan mengaplikasikannya pada pelbagai benda dekorasi rumah dan aksesoris mode menggunakan teknik cetak tekstil digital—karya seni Nini kini dapat dinikmati oleh pelanggan melalui berbagai medium pilihan mereka.

Alat Cetak Tekstil Digital dari Epson

Epson menawarkan beragam solusi tekstil. Alat cetak dari Epson tidak hanya efektif secara biaya, tetapi juga menawarkan cara kerja yang sederhana dan praktis bagi desainer. Apapun warna yang tengah tren digunakan, teknologi droplet menghasilkan warna tegas dan konsisten.

 

Terjemahan gambar:

TEKNOLOGI CETAK DIGITAL

Direct to Fabric (DTF/ Cetak Langsung Pada Kain)

DYE-SUBLIMASI (Transfer Panas /Teknologi Sublimasi)

Direct-to-Garment (DTG/ Langsung Pada Pakaian)

Robustelli Monna Lisa

SureColor F Series

SureColor F2000

Semua jenis kain

–       Pakain jadi sesuai pesanan

–       Merk eksklusif

–       Fast fashion kelas menengah

Bahan Polyester

–       Pakaian olahraga

–       Pakain sehari-hari

–       Rambu dan tanda dari kain

–       Dekorasi rumah

–       Aksesoris

Katun

–       Kaus, baju hangat

–       Tas pundak/tote

 

Teknologi Cetak Pada Kain

Sebagai alat cetak inkjet industrial yang dibuat khusus untuk kebutuhan cetak langsung pada kain, the Robustelli Monna Lisa ideal untuk segala jenis tekstil termasuk kain yang dibuat hanya sesuai pesanan, kain dari merk ternama, dan kain menengah untuk fast fashion.

Teknologi Sublimasi

Dilengkapi mekanisme cetak yang canggih dan teknologi tinta paling modern, Dye-Sublimation SureColor F Series dari Epson adalah solusi tepat untuk mengubah permintaan produk khusus menjadi keuntungan yang lebih besar. Menggunakan teknologi ini, hasil cetak desain diaplikasikan kain menggunakan transfer panas, proses yang dikenal sebagai sublimasi warna.

Dengan kepala cetak berkualitas tinggi, SureColor F-series sangat sesuai untuk mencetak pola dan motif pada kain polyster—termasuk pakaian olahraga, pakaian sehari-hari, rambu dan tanda dari kain, dekorasi rumah, dan aksesoris.

Teknologi Cetak pada Pakaian

Teknologi Direct-to-Garment SureColor F2000 dapat digunakan untuk produk berbahan katun, seperti kaus, baju hangat, dan tas jinjing model tote. Dirancang berkemampuan mencetak langsung pada pakaian jadi, teknologi ini menghemat waktu dan biaya bagi penggunanya. Fitur tinta putih dan berwarna memastikan keleluasaan membaca gambar yang optimal sebagaimana dibutuhkan produk berbahan katun.

Pada akhirnya, lepas dari apapun teknologi cetak tekstil digital yang dipilih, satu hal sudah jelas: baik saat menciptakan desain baru atau menemukan pasar baru, teknologi cetak digital menawarkan peluang tanpa batas.

Gabung dengan Media Sosial kami

Share This