Era Baru Media Promosi: Apakah Media Fisik Masih Relevan Di Dunia Digital?

Okt 4, 2018Printer & Pemindai, Signage

Begitu banyak hal saat ini yang mengalami transformasi digital. Mulai dari gerakan hijau yang hendak mengendalikan dampak lingkungan hingga gelombang teknologi yang kita sambut dan dukung, kita tengah berada di masa yang membuat kita bertanya mengenai pentingnya wujud fisik suatu benda.

Dunia Digital Pada Masa Ini

Hingga masa yang belum lama ini, kita hanya mengenal buku berformat cetak. Cerita dibaca halaman demi halaman yang kita balik dengan tangan. Menggunakan buku teks, kita belajar sembari memberi penanda dan catatan pada halaman, sementara koran dan majalah didapatkan dalam perjalanan ke kantor.

Kini, teknologi memberikan pilihan selain bentuk fisik. Kindle, misalnya, adalah buku tanpa kertas; semua judul disimpan di dalam tablet. Buku teks menjadi versi digital dan elektronik, sementara koran membuat situs untuk mengunggah berita cetak versi digital.

Lepas dari perkembangan teknologi ini, dan berlawanan dengan perkiraan sebagian orang, benda-benda berwujud fisik tidak punah. Buku cerita, buku teks, koran, majalah: semua ini masih dianggap penting oleh banyak orang yang menyukai pengalaman taktil saat membaca.

Digitalisasi tidak serta merta menggantikan hal-hal tersebut, melainkan dapat dikatakan melengkapi. Digital memperkaya pilihan bagi khalayak, baik yang menyukai versi elektronik maupun yang menyukai versi fisik.

Media promosi di era digital

Keberadaan papan nama, reklame, dan media promosi lain yang serupa perlu dilihat dari kacamata ini, yaitu sebagai penunjang “papan” digital, bukan pesaingnya. Hal ini tidak mudah dilakukan di era serba digital. Oleh karena itu bisnis percetakan perlu beradaptasi dengan zaman, lebih inovatif, dan lebih efisien dalam melakukan pencetakan berbagai sarana promosi.

Masih ada banyak situasi yang menuntut keberadaan media promosi fisik. Papan nama di depan kantor atau toko, seperti perpanjangan merek online. Pemilik usaha memberikan pengalaman dan sensasi offline yang sama dengan yang mereka terima secara online dengan demikian meneruskan—dan menumbuhkan—merek. Jika dilaksanakan dengan baik, papan fisik bisa membantu menghadirkan suatu merek di dunia nyata.

Papan juga efektif menarik pelanggan di sekitar tempat usaha—terutama toko fisik. Papan yang indah, menarik, atau didesain dengan baik dapat menarik calon pelanggan yang mungkin bahkan tidak berniat mampir sama sekali, atau tidak tahu keberadan suatu toko sebelumnya. Bisnis seperti restoran, kafe, ritel, dan toko pakaian perlu menarik pengunjung yang lalu lalang. Papan promosi yang tepat bisa menjadi penentu angka kunjungan setiap harinya.

Papan promosi juga tidak terbatas pada papan nama di bagian depan bangunan atau pintu. Begitu pelanggan sudah berada di dalam toko, kita bisa gunakan papan untuk mengiklankan program penjualan tertentu. Cara ini bisa efektif untuk mempromosikan barang yang perlu dijual-beli dengan cepat, ataupun untuk mendorong transaksi di titik penjualan. Pilihan media seperti lightbox, pilar, atau floor wrap adalah cara efektif untuk menunjukkan program promosi yang tersedia.

Papan pengumuman yang inovatif dan kreatif bisa menciptakan peluang unik pemasaran dan periklanan di dalam toko. Instalasi besar seperti aplikasi reklame pada pilar atau lantai di pusat perbelanjaan atau stasiun kereta dengan seketika mengubah suasana dan menarik perhatian orang sekitar. Untuk toko atau kedai nonpermanen (pop-up), tanda-tanda yang tepat bisa menjadi pembeda toko dari lingkungan sekitarnya sehingga menonjol. Aplikasi iklan pada kendaraan juga memastikan merek kita selalu terpampang, termasuk ketika sedang melakukan layanan antar di tengah kesibukan lalu lintas kota. Sementara itu, lightbox selalu bisa mencerahkan area-area publik.

Meski kita kini hidup di era digital, tetapi banyak cara unik yang dapat kita lakukan dengan memanfaatkan media tradisional.

Menciptakan media promosi fisik yang terbaik

Cara termudah untuk mencetak reklame adalah menggunakan mesin cetak Epson yang didesain khusus untuk tujuan itu.

Mesin cetak seri S dari Epson dan tinta GS3 Ultrachrome menghadirkan warna akurat dari desain paling kompleks sekalipun. Warna cerah, kontur tajam, dan gradasi halus dilengkapi kualitas unggul tahan lama meski terpapar cahaya dan air serta tahan abrasi/perspirasi.

Mesin cetak Epson memadukan kecepatan dan kualitas dalam proses dan hasil cetak dengan sangat terjangkau. Media promosi kini dapat dibuat untuk ditampilkan jangka pendek karena teknologi ini memungkinkan biaya lebih rendah dengan kualitas lebih baik.

Dengan kemampuan ini, beragam usaha bisa dengan cepat mengubah dan membuat media baru dibutuhkan setiap saat sehingga menjaga bisnis tetap modern dan relevan sekaligus mempertahankan kehadiran fisik yang dikenal dan disukai pelanggan.

Gabung dengan Media Sosial kami

Share This