Batas Digital Terbaru: Produksi Pakaian

Okt 14, 2021Printer & Pemindai, Tekstil

Lihatlah koleksi pakaian di lemari Anda. Diantaranya mungkin ada yang tidak pernah Anda pakai lebih dari setahun, Anda akan menemukan banyak contoh garmen yang diproduksi berdasarkan pesanan, dalam jangka pendek, atau sesuai permintaan Anda. Pakaian-pakaian ini juga sepertinya dibeli saat Anda menelusuri media sosial di ponsel saat Anda sedang bersantai di ruang keluarga. Dengan segala kenyamanan berbelanja dari rumah, tak mengherankan bahwa banyak butik pakaian online membeli katalog pakaian jualan mereka melalui media sosial atau dari website khusus pakaian.

 

Walaupun online shopping bukanlah hal bari di kawasan Asia Pasifik, pandemic membuat tren e-commerce ini naik secara dramatis. Penelitian menyatakan bahwa konsumen di kawasan ini tidak berniat untuk kembali sepenuhnya ke kebiasaan sebelumnya di masa depan. Tiga perempat konsumen Singapura berencana untuk terus melanjutkan kegiatan online shopping mereka jika nanti pandemi selesai, menurut Zalora. Karena harapan konsumen membawa tren yang memabukkan ini, toko retail dan produsen pakaian skala kecil didesak untuk mengimplementasikan proses yang lebih efisien daripada model industry standar yang diciptakan berdasarkan produksi musiman bervolume tinggi. Model bisnis yang efisien dari toko-toko e-commerce juga berkontribusi pada margin toko retail yang lebih tinggi. Seperti yang disampaikan Shopify, “hambatan digital lebih rendah untuk masuk ke pasar bagi para penjual pakaian menawarkan kesempatan untuk memasarkan, menjual, dan memenuhi pesanan secara global dan otomatis.”

 

Percetakan Digital Membantu Penuhi Pesanan Sesuai Permintaan (on-demand)

Untuk memenuhi permintaan ini, percetakan digital direct-to-garment (DTG) memungkinkan toko retail pakaian kecil untuk memproduksi dengan cepat pakaian katun seperti kaus dan tas tote dengan tepat dan dapat diandalkan dalam skala apapun. Bisnis kecil di industry-industri lain juga menggunakan barang-barang yang dicetak sesuai permintaan sebagai alat pemasaran untuk memperkenalkan merek dan membangun kesetiaan konsumen atau penggemarnya. Teknologi tinta UltraChrome Direct-To-Garment dalam fitur model printer SureColor F-series mampu menghasilkan warna akurat dan cerah dengan kualitas terbaik tanpa memerlukan sentuhan tangan profesional.

 

Proses pencetakan digital dengan teknologi dye sublimation menghasilkan hasil cetak berkualitas profesional pada bahan yang lembut dan kaku, juga pada bahan kain polyester. Printer model SureColor F130 Dye-Sublimation terbaru dari Epson dengan mudah memproduksi hasil cetak berkualitas tinggi tanpa memakan banyak ruang. Selain itu, tinta pigmen berbasis air bersertifikat aman bagi orang dewasa dan anak-anak, yang mana memperluas rentang produk yang bisa dipilih konsumen. Hal ini juga memudahkan perusahaan pakaian kecil dan startup untuk mencetak barang dagangan mereka tanpa harus pergi ke toko percetakan.

 

Perusahaan yang menggunakan proses percetakan tekstil digital dalam operasi retail mereka memiliki beberapa karakteristik yang sama, menurut FESPA. Karena penjualan dilakukan sebelum proses produksi dimulai, toko retail hanya memiliki stok barang jadi dalam jumlah minimum. Pesanan juga diselesaikan lebih cepat dari metode percetakan tradisional dan diproduksi dengan lebih berkelanjutan. Model bisnis yang lebih sederhana ini menghasilkan margin yang lebih besar daripada manufaktur retail tradisional untuk penjualan di toko-toko, dan penjual dapat menawarkan variasi pilihan produk lebih banyak. Karena semakin banyak toko retail mendapatkan manfaat dari model ini, pasar tekstil digital akan terus berkembang dengan pesat.

 

Dalam banyak hal, lonjakan online shopping dan kemampuan menyesuaikan produk berdasarkan permintaan dengan percetakan tekstil digital telah membuat fesyen menjadi lebih terjangkau. Fenomena ini telah membukakan pintu bagi merek-merek e-commerce kreatif  yang hanya fokus pada bisnis dan bisnis-bisnis kecil yang mungkin tidak memiliki modal untuk memproduksi koleksi pakaian sebelum ada pemesanan. Dengan kenyamanan ini, online shopping semakin mendekat ke pintu rumah Anda, toko retail dan pemilik bisnis sekarang dapat memenuhi kebutuhan konsumen dengan efisien dan hemat biaya produksi.

Gabung dengan Media Sosial kami

Share This