Dimana posisi cetak foto yang cocok di saat teknologi digital menguasai?

Jul 22, 2021Photo, Printer & Pemindai

Di zaman teknologi yang terus berubah, banyak yang bertanya mengenai bagaimana munculnya digital akan memengaruhi pencetakan foto. Kamera digital sudah ada di mana-mana, bahkan ketika fungsi kamera ponsel  meningkat secara drastis, ditampah dengan adanya platform media sosial yang semakin meningkatkan kemampuan berbagi foto antar sesama. Akankah semua perkembangan ini menandai akhir dari era pencetakan foto? Meskipun perubahan ini berdampak besar pada pusat ritel cetak foto, tetapi masih ada ruang bagi penyedia pencetakan foto untuk tetap berkembang. Menurut penelitian dan perkiraan nilai dari Keypoint Intelligence, sekitar 24,3 juta meter persegi foto akan dicetak secara global pada tahun 2023.

 

Saat ini, orang-orang mengambil lebih banyak foto daripada sebelumnya, bisnis cetak foto dapat menjadi peluang aplikasi baru yang dapat membantu fotografer dan bahkan fotografer pemula sekalipun untuk menunjukkan hasil foto mereka. Kemampuan untuk menyediakan beragam aplikasi sangat penting untuk kesuksesan bisnis Anda, selain dari kualitas gambar, kecepatan pengiriman, dan profitabilitas juga sangat penting, baik dalam hal fasilitas web-to-print online, lab profesional, atau mencetak foto di studio. Cetakan foto dan produk barang dagangan foto (missal: buku foto dan cetakan kanvas) dapat memungkinkan fotografer profesional dan lab foto untuk menghasilkan pendapatan tambahan. Produk ini juga menunjukkan peluang penting bagi fotografer untuk memamerkan karya mereka dengan produk cetak yang ditampilkan di rumah ataupun ke rekan bisnis klien. Apakah anda fotografer penuh atau paruh waktu, sejumlah besar profesional memanfaatkan peluang dengan memanfaatkan printer sendiri serta penyedia layanan cetak foto luar untuk lebih memperluas penawaran mereka.

 

Ruang ritel menurun karena peralihan ke digital, sehingga kemampuan belanja online menjadi semakin penting bagi fotografer dan penyedia cetak foto. Hingga saat ini, alur kerja untuk bisnis online rumit dan membutuhkan investasi signifikan dalam pembuatan situs web, perangkat lunak yang disesuaikan, prosedur mahal lainnya. Banyak hal telah berubah — sistem keranjang pencetakan foto mudah diatur dan dapat dengan cepat disesuaikan sendiri untuk mengakomodasi kebutuhan penyedia cetak. Selain itu, perangkat di pasar saat ini dapat menangani berbagai macam aplikasi, memungkinkan keserbagunaan dan keuntungan. Bagi mereka yang mungkin tidak yakin vendor printer mana yang harus diandalkan, senang mengetahui bahwa printer foto Epson adalah printer foto yang paling banyak digunakan di dunia sejauh ini. Menurut penelitian fotografi profesional Keypoint Intelligence, Epson mendominasi semua produsen printer lain dalam hal pangsa pasar. Selain itu, lebar printer terpopuler di tahun 2019 adalah 44 “dan 17”.

 

Printer Epson SC-P6000-9000

Rangkaian printer Epson SC-P6000-9000 dirancang untuk memenuhi kebutuhan penyedia cetak foto saat ini. Mereka menawarkan solusi alur kerja yang efisien, kualitas gambar yang luar biasa, dan sistem tinta berkapasitas tinggi, dan kemampuan penanganan media profesional.

Solusi alur kerja yang efisien

Untuk penyedia cetak foto yang menjalankan banyak perangkat, Epson’s Colour Calibration Utility Tool dapat mengukur kepadatan dan konsentrasi warna di seluruh jaringan printer dari satu titik pusat. Hal ini dapat menghemat waktu berharga yang mungkin bisa dihabiskan untuk kalibrasi. Setelah printer dasar ditetapkan sebagai standar, printer lain dapat mengkalibrasi ke bagan warna yang ditransfer dari printer dasar tersebut. Data yang dikalibrasi dapat digunakan untuk berbagai jenis media dan mode cetak, dan disimpan secara lokal di setiap printer.

 

Kualitas Gambar Luar Biasa

Printer Epson SC-P6000 / P8000 dilengkapi dengan set tinta UltraChrome HD delapan warna, sedangkan seri SC-P7000 / P9000 dilengkapi set tinta 10 warna Epson UltraChrome HDX yang telah diformulasi ulang. Kedua set tinta profesional menghasilkan warna yang luar biasa, kerapatan hitam yang ditingkatkan untuk peningkatan kontras yang substansial, dan nilai D-Max yang lebih tinggi. Teknologi Microcrystal Encapsulation memberikan keseragaman kilap yang unggul.

Tinta pigmen Epson UltraChrome menggunakan teknologi tinta hitam tiga tingkat (hitam, hitam muda dan hitam muda muda) untuk menghasilkan kerapatan hitam yang sangat baik, keseimbangan abu-abu, gradasi halus, dan definisi tajam. UltraChrome HDX dan HD matte dan tinta hitam foto mencapai kerapatan pigmen yang jauh lebih tinggi, memastikan bahwa pigmen tidak terlalu dalam saat mencetak pada media pihak ketiga.

Set tinta Ultrachrome HDX dalam seri SC-P7000 / P9000 dengan tinta violet dapat mencapai gamut warna yang lebih luas, sehingga memberikan solusi pemeriksaan terbaik. Gamut warna yang lebih luas ini memungkinkan untuk mencapai warna spot dan spesifik klien secara akurat, memungkinkan pencapaian cakupan PANTONE tersertifikasi maksimal 99%. Pengguna juga memiliki opsi untuk menggunakan hitam muda terang sebagai pengganti tinta ungu untuk aplikasi fotografi dan seni rupa kelas atas. Konfigurasi tinta ini memungkinkan untuk mencapai kualitas cetak yang superior untuk reproduksi warna dan monokrom.

 

Sistem Tinta Kapasitas Tinggi yang Cerdas

Tinta Epson UltraChrome hadir dalam ukuran kartrid yang diperkecil dengan berbagai kapasitas (700ml / 350ml / 110ml) yang dapat dicampur dan dicocokkan di dalam printer. Selain itu, mesin cetak Epson memungkinkan penggantian kartrid dengan cepat, memungkinkan pencetakan tanpa gangguan.

 

Penanganan Media Profesional

Epson P-series kompatibel dengan hampir semua jenis media, baik itu gulungan atau lembaran, lebar hingga 24 atau 44 inci. Ini memungkinkan pemuatan yang akurat dari berbagai jenis media lembaran potongan hingga tebal papan poster 1,5 mm. Semua media dimuat di depan melalui jalur media langsung yang unik. Sistem identifikasi dan sinkronisasi media berbasis driver dan printer menyediakan penggunaan media yang hampir bebas dari kesalahan.

Beberapa orang mungkin mengira kehadiran digital mempercepat kematian pencetakan foto, tetapi hal ini tidak terbukti. Pencetakan foto tetap hidup dan berjalan, dan penyedia layanan cetak foto dapat memanfaatkan fakta bahwa konsumen saat ini mengambil lebih banyak foto daripada yang pernah mereka lakukan di masa lalu. Ke depannya, fotografer amatir dan profesional akan terus membutuhkan keahlian dari penyedia layanan dan lab foto, bahkan di era digital saat ini.

Gabung dengan Media Sosial kami

Share This