Keunggulan yang berkelanjutan diantara manfaat teratas Inkjet Bisnis

Nov 3, 2020Bisnis & Rumah, Printer & Pemindai

Artikel ini disumbangkan oleh Keypoint Intelligence

Dengan program keberlanjutan yang menjadi tujuan peningkatan dari setiap perusahaan saat ini, tidak heran jika produk inkjet bisnis semakin diminati. Faktanya, Keypoint Intelligence memperkirakan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan sebesar 3,2% untuk produk ini di Asia Pasifik hingga 2021, didorong dengan fitur “hijau”, serta desainnya yang lebih sederhana dan biaya per halaman yang lebih rendah dibandingkan dengan teknologi laser.

Apa itu printer inkjet bisnis?

Printer inkjet bisnis adalah perangkat berbasis inkjet yang ditargetkan untuk kantor rumah, UKM, dan dalam beberapa kasus bisnis perusahaan lingkungan. Dibandingkan dengan printer inkjet berbasis konsumen, printer ini menawarkan kecepatan lebih tinggi, kapasitas kertas lebih tinggi, kapasitas kartrid tinta lebih tinggi, dan biaya per halaman lebih rendah.

Segmentasi inkjet – Keypoint Intelligence

Printer inkjet bisnis juga dapat mengintegrasikan fitur-fitur seperti pengumpan dokumen otomatis standar (ADF), dupleks otomatis standar, kemampuan penyelesaian, dan dukungan untuk lebih dari enam pengguna.

Perangkat ini semakin populer dalam beberapa tahun terakhir karena produsen terkemuka memperkenalkan model baru dengan fitur yang semakin canggih dan proposisi nilai. Meski begitu, keunggulan mereka tidak selalu sepenuhnya diakui oleh pelanggan.

Apa pendapat pelanggan tentang inkjet bisnis?

Penelitian Keypoint Intelligence menunjukkan bahwa motivator teratas untuk membeli printer inkjet bisnis cenderung menyertakan perawatan yang mudah, kualitas gambar yang cukup baik, dan harga dibandingkan dengan teknologi laser. Pada saat yang sama, pencegah utama dari membeli printer inkjet bisnis adalah tinta yang jauh lebih mahal.

Apa manfaat utama dari inkjet bisnis dan mengapa?

Sementara pelanggan memiliki persepsi mereka sendiri tentang printer inkjet bisnis, kenyataannya perangkat ini menawarkan beberapa manfaat yang jelas dibandingkan printer laser. Seperti disebutkan di atas, ini termasuk lebih sedikit bagian yang bergerak, biaya per halaman yang lebih rendah dalam banyak kasus, dan keuntungan keberlanjutan.

Dalam hal bagian yang bergerak lebih sedikit, teknologi penandaan berbasis tinta cenderung hanya melibatkan beberapa komponen utama (yaitu, tinta, ejektor atau printhead, dan tenaga pengering udara) —yang menyebabkan lebih sedikit perawatan dan persyaratan servis dibandingkan dengan produk laser. Perawatan dan servis yang lebih sedikit berarti biaya yang lebih rendah.

Dalam hal biaya cetak per halaman, printer tinta bisnis sekarang yang ada di pasaran dapat memberikan biaya per halaman hingga 50% lebih rendah dibandingkan dengan printer laser dengan harga yang sama. Dengan kata lain, printer inkjet ini kompatibel dengan kartrid yang dapat mengurangi setengah biaya bahan habis pakai. Untuk organisasi yang mencetak ribuan halaman seminggu, penghematan ini benar-benar dapat bertambah.

Dan dalam hal keberlanjutan, printer inkjet bisnis menggunakan lebih sedikit daya dan menghasilkan lebih sedikit karbondioksida dibandingkan dengan printer laser serupa — sebagian karena teknologi printhead inkjet membutuhkan lebih sedikit panas daripada teknologi laser. Dan karena printer inkjet secara struktural lebih sederhana, lebih sedikit komponen yang perlu diganti secara teratur — sehingga menghasilkan lebih sedikit limbah. Selain itu, printer inkjet berhubungan dengan udara yang lebih bersih karena tidak mengeluarkan debu toner.

Apa saja contoh printer inkjet bisnis termutakhir?

Epson adalah salah satu produsen yang menawarkan printer inkjet bisnis yang membantu mencapai tujuan seputar pemeliharaan, biaya, dan keberlanjutan. Ini termasuk model WorkForce Enterprise dan WorkForce Pro baru di pasar.

Misalnya, WorkForce Enterprise WF-M20590 monokrom dan WorkForce Enterprise WF-C20590 warna yang memiliki fitur canggih canggih — seperti kecepatan cetak maksimum 100 halaman per menit, finisher opsional untuk penumpukan dan penjepret, kapasitas kertas maksimum 5.350 lembar, dan layar sentuh berwarna 9 inci.

Namun satu-satunya persediaan yang dibutuhkan adalah kartrid tinta dan wadah limbah tinta, yang mengurangi kebutuhan pemeliharaan perangkat sekaligus meningkatkan waktu kerja perangkat dan produktivitas pekerja. Selain itu, dengan kartrid yang menghasilkan 50.000 hingga 60.000 tayangan (tergantung pada modelnya), kartrid tersebut tidak perlu terlalu sering diganti.

Jejak WF-M20590 dan WF-C20590

Mengurangi kebutuhan akan pemeliharaan membantu menurunkan biaya perangkat; ini juga memungkinkan pengusaha menawarkan biaya yang lebih rendah per halaman dibandingkan dengan MFP laser. Selain itu, kebutuhan energi yang lebih rendah semakin mengurangi biaya operasional.

Faktanya, pengujian Lab Pembeli (BLI) mengungkapkan bahwa WF-C20590 mengkonsumsi energi hingga 85% lebih sedikit daripada printer laser berkecepatan serupa. Selain itu, hingga 59% lebih sedikit suku cadang yang diperlukan dibandingkan dengan produk laser yang setara, karena drum, pengembang, fuser, dan lebih banyak komponen tidak diperlukan.

Sementara itu, model WorkForce Pro WF-C579R dan WF-C869R berwarna Epson, adalah contoh produk berorientasi UKM yang juga menangani tujuan pemeliharaan, biaya, dan keberlanjutan. Seperti model kelas perusahaan yang dibahas di atas, model tersebut hanya memerlukan tinta dan wadah limbah tinta untuk persediaan.

Satu perbedaan adalah tinta ditempatkan dalam kemasan tinta yang dapat diganti dan bukan dalam kartrid. Setiap paket tinta berisi cukup tinta untuk menghasilkan hingga 50.000 hingga 86.000 tayangan hitam (masing-masing untuk WF-C579R dan WF-869R), dan 20.000 hingga 84.000 tayangan berwarna (juga untuk WF-C579R dan WF-869R, masing-masing).

Footprint of the WF-C579R and WF-C869R

WF-C579R dan WF-869R memiliki harga yang terjangkau untuk rangkaian fiturnya, yang mencakup pengumpan dokumen otomatis 50 halaman, kapasitas kertas standar 500 lembar, dan kapasitas cetak maksimum bulanan masing-masing 45.000 dan 75.000 tayangan. Selain itu, biaya operasionalnya sangat rendah untuk kelas kecepatannya.

Dalam hal keberlanjutan, system kemasan tinta menghilangkan banyak limbah persediaan fisik yang terlibat dalam pencetakan dengan printer laser warna yang sebanding, sementara perangkat menggunakan lebih sedikit energi daripada laser warna pesaing. Pengujian BLI menyarankan WF-869R mengkonsumsi 15,1576 kilowatt energi setiap tahun, dibandingkan dengan rata-rata kompetitif 122.0298 kilowatt.

Indonesia, sebuah lembaga pendidikan nirlaba dengan sekitar 1.000 siswa (dari 18 kebangsaan berbeda) dan 150 anggota pegawai. Dengan mengganti printer laser lamanya dengan teknologi pencetakan Epson WorkForce Pro WF-C869R terbaru, sekolah telah menurunkan biaya cetaknya — meskipun pekerjaan cetak meningkat. Selama setahun terakhir, tidak ada masalah yang signifikan dengan perangkat, tinta belum habis, dan tidak perlu perawatan.

Penghematan energi juga telah dicapai, serta peningkatan produktivitas yang dihasilkan dari pencetakan cepat (mis., tidak diperlukan waktu pemanasan perangkat, waktu keluar halaman pertama kurang dari enam detik), manajemen pekerjaan pencetakan yang efisien, dan ramah pengguna desain — di antara fitur lainnya. Kemampuan keamanan seperti filter alamat IP, buku alamat LDAP, keamanan PIN, dan fungsi akses terbatas juga membantu memperkuat infrastruktur cetak sekolah.

Kesimpulan

Manfaat yang terkait dengan teknologi inkjet saat ini telah mendorong organisasi seperti Global Jaya School di Indonesia untuk mengganti printer laser mereka dengan teknologi inkjet bisnis Epson yang baru. Mereka menghargai biaya pengoperasian perangkat yang rendah, desain tahan perawatan, dan penghematan energi dibandingkan dengan teknologi laser — di antara keunggulan lainnya.

Meskipun demikian, banyak perusahaan yang baru mulai memahami manfaat yang diberikan oleh rangkaian printer inkjet bisnis terbaru — menghadirkan peluang bagi mereka untuk secara dramatis meningkatkan lingkungan pencetakan kantor mereka dalam berbagai cara.

Gabung dengan Media Sosial kami

Share This