Dukung Bisnis Pesanan (OnDemand)

Okt 14, 2021Label/ Press

Perubahan zaman yang menghasilkan bentuk ekonomi global baru memberikan dampak pada bisnis masa kini yang lebih hebat dari sebelumnya. Perusahaan-perusahaan, khususnya di sektor perawatan kesehatan, farmasi, dan makanan dan minuman, harus mampu untuk berubah haluan dalam waktu singkat agar dapat memenuhi permintaan pasar baru, perubahan peraturan di masing-masing pasar di mana mereka beroperasi, dan pengharapan konsumen. Ini artinya label tak hanya harus bisa memisahkan merek dan menampilkan nilai-nilainya dengan jelas, tapi juga menyampaikan informasi penting terkait rantai pasokan dan penanda klasifikasi yang disyaratkan oleh pembuat peraturan.

 

Untuk mencapai sukses di lingkungan ini, ketangkasan (agility) adalah kemampuan yang diinginkan agar perusahaan dan setiap aspek operasional bisnis mampu merespon dengan mulus. Perubahan ini juga tidak boleh mengorbankan aspek penjualan atau efisiensi operasional. Percetakan label digital muncul untuk memproduksi label dengan teks yang keren, jelas dan mudah dibaca, dan gambar cerah dengan kedalaman warna agar lebih menciptakan fleksibilitas dan kecepatan ke dalam bisnis.

 

Tren Pelabelan

Pelabelan informasi kesehatan dan keamanan untuk kemasan makanan menjadi semakin penting bagi konsumen, terutama sejak setahun belakanan. Masyarakat lebih memperhatikan apa yang mereka masukkan ke tubuh mereka dan standar sepanjang rantai pasokan produk. Bahkan, lebih dari setengah responden dari survey yang melibatkan konsumen Asia Pasifik mengatakan mereka cenderung akan membeli makanan dengan sistem yang berkelanjutan karena mereka percaya sistem demikian lebih sehat.

 

Pemerintah, pembuat peraturan, di negara-negara Asia, terutama India, sedang mempertimbangkan perubahan pada pelabelan produk untuk produk-produk seperti makanan berbasis tanaman dalam upayanya mengurangi kebingungan konsumen. Demikian pula di negara-negara ASEAN, di mana keamanan makanan mendorong mereka untuk menstandarkan kebijakan makanan, sementara Food Standards Australia New Zealand (FSANZ) yang baru saja membuat perubahan pada sistem mereka dengan mencantumkan indeks nutrisi pada label kemasan makanan menghasilkan dampak besar pada cara para retailer merekam data baru dan memperbarui kreasi produk mereka. Bagi merek-merek lokal dan regional yang masih menggunakan metode pencetakan label secara tradisional di kawasan, perubahan peraturan seperti ini di kawasan bisa memakan biaya besar.

 

Kemajuan teknologi percetakan label mendorong peningkatan konsisten penggunaan printer label digital, memungkinkan bagi perusahaan memenuhi kebutuhan pasar lebih cepat. Perusahaan juga menemukan tantangan untuk menempatkan produk di rak-rak toko lebih cepat dan memantau level inventori secara real time, yang cukup vital dalam lingkungan atau kondisi saat ini. Untuk bisnis yang sedang berkembang, seperti Superlative Foods di Singapura, yang memproduksi camilan organik, label berkualitas tinggi dapat dicetak sendiri dan sesuai pesanan dengan harga rendah tanpa perlu pergi ke toko percetakan atau berinvestasi dengan membeli mesin cetak label format besar. Mencetak label digital untuk rak toko dapat membantu toko retail menampilkan harga produk dengan jelas dan membuat perubahan penempatan produk dengan cepat.

 

Kesempatan untuk membuat label yang sesuai kebutuhan dan memerangi produk-produk palsu di industri kesehatan dan farmasi juga meningkat. Produsen dan perusahaan produk kesehatan semakin perlu mengkomunikasikan informasi penting untuk menjaga keselamatan pasien, yang mendorong industri ini memproduksi label warna-warni yang lebih sesuai kebutuhan, yang tahan luntur dan robek untuk penggunaan sehari-hari.

 

Hadirkan Kualitas Label Terbaik

Kemampuan cetak digital printer Epson ColorWorks membuat perusahaan, besar dan kecil, mampu mencetak label dengan kode warna, gambar, dan pictogram untuk menyorot informasi yang relevan dengan mudah. Selain itu, tinta pigmen Epson DURABrite Ultra® menghasilkan label yang tahan lama, cepat kering, dan anti pudar. Fitur ini khususnya berguna bagi perusahaan di industry kimia yang harus memiliki label yang memenuhi persyaratan GHS.

 

Menjawab tantangan tren ini harus diimbangi dengan perlunya mengoptimalkan produksi, meningkatkan manajemen pasokan, dan cepat beradaptasi dengan kebutuhan bisnis tanpa harus dibebani biaya yang besar atau terjadi penundaan. Oleh karenanya, penting bagi toko retail untuk mengelola rantai pasokan dengan ketat dan mengintegrasikan sistem bisnis, membuatnya mampu mengidentifikasi dan mengatasi masalah dengan cepat. Printer Epson ColorWorks dapat mencetak multi-variasi, yang membantu meningkatkan identifikasi produk dan berkontribusi pada produktivitas yang lebih baik. Label yang jelas yang menggunakan teknologi cerdas, seperti kode QR, barcode dengan data sisipan, time temperature indicators (TTI), RFID, dan teknologi cerdas yang mampu menginformasikan perusahaan tindakan spesifik yang penting untuk mencapai integrasi ini dengan baik.

 

Perusahaan juga harus mengadopsi pilihan sistem pelabelan yang berkelanjutan, yang selaras dengan nilai-nilai keberlanjutan yang lebih luas dari konsumen mereka. Termasuk juga mengurangi jumlah limbah produk yang dibuang ke tampat pembuangan, mulai dari penggunaan tinta yang ramah lingkungan dan bahan subtrat yang dapat terurai alami.

 

Printer label digital Epson ColorWorks mampu memproduksi multi-variasi cetakan dengan cepat dengan sistem 4-warna baru yang menghasilkan resolusi gambar yang superior. Kemampuan ini menepis kebutuhan untuk menyetok berbagai jenis label pra-cetak, yang mana mengurangi biaya hingga 50%. Hasilnya jelas dan tajam dengan tinta pigmen tahan lama yang mampu bertahan di berbagai kondisi yang menantang, dan pada saat yang sama tetap ramah lingkungan. Printer ini juga dapat bersesuai dengan berbagai teknologi, termasuk sistem pengoperasian multiplatform dan software aplikasi,  sehingga dapat diintegrasikan hampir ke alur kerja manapun dengan mulus.

 

Agar bersaing dengan efektif di pasar saat ini, setiap perusahaan perlu untuk memiliki kontrol yang ketat atas rantai pasokan dan fleksibilitas membuat perubahan untuk memenuhi permintaan. Label membuat perusahaan makanan dan minuman, dan juga penyedia produk Kesehatan dan perusahaan farmasi mampu menyampaikan pesan yang jelas pada konsumen dan pasien mereka. Sangat mudah untuk memproduksi laber berkualitas warna bagus dengan cetakan barcode yang jelas, pembaca kode QR, dan unsur penting lainnya untuk mengelola produk secara berkelanjutan. Printer label digital semakin berhasil memenuhi kebutuhan yang hemat biaya dan pesanan.

Gabung dengan Media Sosial kami

Share This