Penjualan on-the-go dengan Printer Cerdas POS

Okt 14, 2021Point of Sale - POS, Printer & Pemindai

Bisnis di seluruh kawasan Asia Pasifik sedang fokus pada mendapatkan keunggulan dan pelanggan setia dengan pengalaman terbaik. Kini, printer point-of-sale (POS) selular mampu memberikan kontribusi yang kuat.

Di dunia ritel yang serba cepat, fokus telah bergeser dari pendekatan fitur-dan-manfaat bagi seseorang artinya membangkitkan kegemaran pelanggan melalui pengalaman belanja yang melibatkan dan tanpa friksi. Pelanggan di Asia Pasifik kini menuntut pengalaman riter yang nyaman dan sesuai kebutuhan mereka, yang kemudian mendorong penjualan dan kesetiaan pelanggan. Merk-merk yang online-native direct-to-consumer (D2C) menciptakan pengalaman baru untuk memperkuat keterikatan dengan dunia nyata memanfaatkan toko-toko pop-up untuk memperkenalkan produk baru, sementara di saat yang sama toko ritel tradisional menciptakan kesan baru pada ruang untuk berinovasi dengan cara pelanggan menghabiskan waktu di toko mereka. Demikian pula dengan industri perhotelan, pariwisata, dan restoran yang menghadirkan cara baru dan kreatif menjual produk dan jasa mereka di lokasi dan di tujuan wisata.

 

Penting bagi pergeseran ini adalah pengadopsian solusi hardware dan software POS selular untuk mendukung pilihan pembayaran non tunai dan nirsentuh, dan upaya digitalisasi yang mengintegrasi penjualan, inventori, dan informasi pelanggan. McKinsey memprediksi bahwa jumlah pengguna pembayaran selular akan berlipat ganda hingga melebihi dua milyar di tahun 2025[1]. Merk-merk D2C perlu untuk mempersiapkan evolusi ini dan menjaga sistem POS tetap terbarui.

 

Printer POS portabel, tahan lama, dan ringan merupakan unsur yang penting bagi toko ritel agar mampu menyediakan pelanggan mereka kenyamanan dan transaksi yang lebih cepat. Bisnis dapan menyelesaikan penjualan dari manapun dengan konektivitas layanan cloud dan Near Field Communication (NFC) untuk meningkatkan efisiensi operasional. Selain itu, seiring organisasi menjadi digital dan menghubungkan fungsi bisnis agar mendapat gambaran yang jelas yang akan membantu mereka menyediakan pengalaman pelanggan yang luar biasa dan memaksimalkan pendapatan, akan semakin penting pula untuk memiliki printer POS yang sejalan dengan teknologi baru dan proses yang terotomasi.

 

Mengubah Pengalaman Ritel

Walaupun online shopping meningkat popularitasnya, banyak masyarakat yang lebih memilih untuk melihat dan memegang beberapa produk di toko sebelum membelinya. Membeli pengalaman unik dan dipersonalisasi juga semakin dipandang lebih berharga oleh pelanggan daripada hanya sekedar mendapatkan barang beberapa tahun belakangan ini. Penting pula untuk dicatat bahwa seiring pelanggan menjadi semakin cerdas menggunakan teknologi, mereka mengharapkan merk-merk yang mereka beli di dunia nyata juga melakukan hal yang sama. Kini, pengelola toko fisik harus mempertimbangkan cara mengoptimalkan pengalaman berbelanja dan memastikan keamanan pelanggan saat mengunjungi toko agar dapat sesuai dengan keinginan mereka tak berlama-lama berada di toko.

 

Metode seperti self-checkout dan format Click & Collect mampu menawarkan keamanan dan kemudahan bagi pelanggan, didukung oleh printer POS selular yang dapat terhubung dengan sistem secara nirkabel. Kecepatan, ketangkasan dan efisiensi tambahan dalam proses penjualan membantu bisnis mendapatkan keunggulan kompetitif dan memberikan pengalaman berkanal ganda yang inovatif dan disesuaikan dengan pelanggan.

 

Printer POS Portabel Masa Kini

Bisnis ritel, layanan makanan, perhotelan dan pariwisata memerlukan solusi hardware teknologi yang mampu terus mengikuti lalu lintas pelanggan, dapat ditempatkan di ruang yang kecil dan bergerak bersama staf penjualan sehingga bisnis dapat memproses pembelian dengan lebih cepat, menelusuri riwayat reservasi, dan mengelola antrian.

 

Printer tanda terima POS dari Epson, seperti Epson TM-m30II, mampu menghubungkan perangkat tablet melalui USB, USB lightning, Ethernet, Bluetooth, dan NFC. Printer juga dapat berintegrasi tanpa hambatan dengan sistem operasi iOS, Android dan Window untuk menjamin operasional yang berjalan lancar. Toko ritel mendapatkan kapabilitas untuk mengatur pencetakan on-the-go untuk mendukung model berbelanja Click & Collect. Dengan kecepatan cetak hingga 250mm/detik, transaksi dapat diselesaikan lebih cepat. Bisnis juga memiliki fitur canggih seperti hemat kertas dan fungsi pengalihan pencetakan, dan didukung fitur banyak bahasa.

 

Toko-toko dengan keterbatasan ruang dapat menggunakan printer POS yang lebih kecil yang tak memerlukan banyak ruang di meja pembayaran, dapat diangkat atau digantung di dinding, dan bahkan dapat dibawa-bawa dengan mudah oleh staf penjualan. Pilihan printer lain seperti Epson

 

TM-P20 yang super portabel, memiliki kemampuan mencetak jarak jauh secara langsung dari aplikasi web yang aman dan mudah dilakukan dari mana saja. Printer tanda terima selular Epson menawarkan daya tahan baterai yang lama hingga 26 jam dengan model Bluetooth. Fitur ini memudahkan bagi pelanggan dan meningkatkan efisiensi operasional.

 

Untuk restoran, fitur ini dapat berfungsi mengirimkan pesanan langsung ke dapur untuk meningkatkan produktivitas atau mengatur pengantaran dengan kurir. Printer tanda terima Epson TM-L90LFC dan printer label ini liner free, sehingga mengurangi limbah dan memperbaiki keakuratan pesanan, dan adalah solusi yang ideal untuk restoran cepat saji yang melayani pesan antar. Saat printer terhubung dengan sistem POS, bisnis jadi lebih memiliki kemampuan untuk memberikan penghargaan bagi pelanggan, meningkatkan produktivitas, mengelola inventori, menelusuri keefektivan program promo, menganalisa penjualan, dan memastikan bahwa bisnis siap untuk berkembang dan beradaptasi dengan perubahan di masa depatn.

 

Bersamaan dengan pengalaman berada di toko dan proses penjualan menjadi lebih modern, bisnis menggunakan teknoloki terbaru untuk melayani pengharapan unik dari pelanggan dengan mulus. Ini tidak hanya membantu bisnis menonjol dalam lingkungan yang kompetitif, tapi juga menghubungkan operasional penjualan di seluruh dunia.

 

[1] McKinsey, Masa Depan Pembayaran di Asia, https://www.mckinsey.com/~/media/McKinsey/Industries/Financial%20Services/Our%20Insights/The%20next%20frontier%20in%20Asia%20payments/The-future-of-payments-in-Asia-vF.pdf

Gabung dengan Media Sosial kami

Share This