Sairung Printing Industry Thailand – Kain Dalam Dua Generasi: Dari Cetak Tekstil Analog ke Digital

Sep 25, 2018Artikel Fitur, Printer & Pemindai, Tekstil

Industri tekstil Thailand

Thailand adalah salah satu pemain terdepan dunia dalam rantai pasok industri tekstil secara keseluruhan. Dari produksi kain berserat alami dan sintetis, penenunan benang menjadi kain dan tekstil, proses tahap akhir, pewarnaan, dan pencetakan; hingga produksi pakaian jadi baik berbasis OEM maupun ODM—termasuk item mode bergengsi—Thailand unggul di setiap tahap ini.

Secara global, sektor fashion adalah industri yang sangat kompetitif. Tren berubah cepat dengan pelanggan yang selalu menuntut gaya dan tampilan terbaru serta produk bernilai tinggi. Untuk bertahan di pasar yang sedemikian menantang, salah satu faktor terpenting yang diperlukan suatu merek adalah kreativitas para perancangnya. Artinya, mereka pun perlu memiliki beragam pilihan kain hasil cetak yang inovatif, berwarna-warni, dan bermutu tinggi.

Thailand diakui sebagai salah satu pemasok terbesar kain cetak untuk industri manufaktur. Sebagai bagian dari keseluruhan rantai produksi tekstil dan pakaian, pada tahap pemasokan ini perusahaan-perusahaan Thailand hadir di semua skala bisnis—baik produksi berskala rumahan maupun besar.

Tentang Sairung Printing Industry Ltd. (SRP)

Salah satu perusahaan cetak yang paling disegani di Thailand adalah SRP Digital & Sublimation Print, bagian dari “Sairung Printing Industry Ltd.” Didirikan oleh Sommot Thanhikam, bisnis keluarga ini tumbuh dari masa ke masa dengan membentuk basis pelanggan setia. Klien mereka sebagian besar adalah pabrik garmen OEM yang memasok barang ke baik merek lokal dan maupun merek ternama internasional seperti Sabina, Wacoal, Morgan, Itokin, Guy Laroche, Daily Sport, dan masih banyak lagi.

“Kami sudah menggunakan teknologi cetak analog selama lebih dari 30 tahun,” kata Sommot yang sekarang menjabat Presiden SRP Digital & Sublimation Print. “Dengan sistem cetak screen, kami berhasil memenuhi permintaan pelanggan. Sulit bagi saya mengakui bahwa kami perlu berubah. Saya dulu merasa sebagian besar pelanggan kami tidak membutuhkan cetak digital.”

Ide segar generasi baru

Putra Sommot, Werawat, berpandangan lain. Ia melihat bahwa cetak digital mengubah dunia mode dan agar suatu perusahaan bisa mempertahankan posisinya di pasar, pelanggan SPR pun harus menghadapi tantangan sekaligus mencari peluang baru. “Saya tahu kami harus mendukung pelanggan kami dan mengikuti perubahan tren,” kata Werawat.

Werawat-lah yang membujuk ayahnya agar mau mempertimbangkan potensi sistem cetak digital, kemudian menyarankan solusi cetak digital dari Epson. “Saya awalnya mengkhawatirkan pelanggan kami,” ujar Sommot, “tapi juga ingin tahu kemampuan mesin cetak Epson.”

“Harus diakui, saya terkesan. Reputasi perusahaan kami bertumpu pada mutu, bukan harga, dan menurut saya mutu cetak digital Epson sangat istimewa. Saya langsung yakin saya tidak perlu lagi mencemaskan reaksi pelanggan.

“Sistem ini juga memungkinkan kami memberikan kebebasan kreatif pada perancang. Mereka memerlukannya untuk membuat desain unik dan menarik yang mampu menjawab tuntutan inovasi pasar,” tambahnya.

Epson SureColor F7170 – Penentu Perubahan

Setelah riset mendalam, SRP memutuskan menggunakan mesin Epson SureColor F7170 Printer untuk cetak sublimasi dan tintanya. Dengan mutu cetak menyerupai hasil foto dengan resolusi sampai dengan 720 x1440 dpi dengan kecepatan produksi harian yang istimewa sampai dengan 634 SFPH, SRP Thailand pun dapat membuat pelanggannya terkesan dengan memberikan produk sebermutu yang diharapkan. 

Keandalan mesin cetak membuatnya dapat beroperasi 24/7 sehingga SRP bisa menjawab permintaan yang terus bertumbuh dan berubah sekaligus memberikan kecepatan produksi yang dibutuhkan pelanggan.

“Hal yang membuat kami tertarik, selain mutu hasil cetak, adalah layanan Epson Thailand. Mereka tidak hanya menyediakan perangkat tetapi juga tinta dalam variasi besar yang kami perlukan. Tinta adalah unsur penting dalam proses cetak digital dan kami kini percaya diri karena tahu tinta Epson dibuat khusus agar bekerja sempurna dengan mesin cetaknya.

“Bagi kami, penting bahwa tim layanan Epson Thailand bisa melakukan pemeliharaan dan menyediakan suku cadang saat diperlukan, sehingga meminimalkan potensi kerusakan mesin.”

SRP mulai menerapkan solusi cetak digital Epson pada tahun 2014. Hanya butuh beberapa pekan pemasangan mesin di pabrik SPR, diikuti beberapa pekan pelatihan dan pembiasaan. Kini, sistem sudah bekerja secara penuh. Departemen digital SRP pun diisi oleh 20 orang staf.

“Dengan keunggulan sistem cetak digital Epson, kami dapat memperluas pasar karena sekarang kami bisa menggunakan kain polyster,” ujar Werawat. “Kami puas dengan keuntungan yang didapat dari investasi ini. Tidak hanya menjawab kebutuhan pelanggan lama, kami juga senang bisa mendapatkan pelanggan baru.”

“Mesin SureColor F7170, melengkapi lini seri SureColor F-Series, memanfatkan kepala printer Epson PrecisionCore TFP dan sistem tinta Epson UltraChrome DS untuk memberikan hasil cetak bekualitas tinggi, kendali titik yang superior, kinerja akurat berulang, dan ketahanan superior untuk beragam aplikasi dye-sublimation. Mesin SureColor F7170 juga memiliki sistem penyimpanan tinta berkapasitas tinggi yang bisa diisi kembali sehingga proses cetak bisa berjalan terus menerus pada keseluruhan gulungan kain, serta memiliki pemanas post-platen sehingga lebih cepat kering. Dengan mesin ini, produsen tekstil digital mampu meningkatkan produktivitas, meminimalkan kerusakan, dan memaksimalkan keuntungan,” kata Yunyong Muneemongkoltorn, General Manager Epson Thailand.

“Kami bangga dapat menjadi bagian perjalanan SRP dan menyediakan teknologi yang dibutuhkan untuk memberi ruang pada ide-ide generasi baru dan, yang lebih penting lagi, berperan penting melestarikan bisnis tekstil SPR Thailand,” tutupnya.

Gabung dengan Media Sosial kami

Share This