Merevolusi Industri Tekstil dengan Pencetakan Tekstil Digital

Mar 17, 2020Printer & Pemindai, Tekstil

Memproduksi lebih dari 100 juta meter kain dan 3 juta garmen setiap tahun, Sarena adalah salah satu perusahaan tekstil terkemuka di Pakistan.

dan kualitas berkecepatan tinggi — menginspirasi Sarena untuk mengeksplorasi teknologi baru guna memenuhi kebutuhan pelanggan.

“Salah satu alasan mengapa kami mencari pencetakan digital adalah karena itu adalah proses baru. Ini adalah kebutuhan zaman,” kata Tn. Zaman, Direktur Utama di Sarena. “Kami kagum melihat kualitas printer Epson. Itu adalah upaya kami demi perbaikan. Printer Epson bisa mencapai apa yang tidak bisa dilakukan oleh mesin lain.”

Sarena dibuka pada tahun 2001, sebagai perusahaan saudara dari Sefam Industries. Setelah meluncurkan operasi hanya sebagai perusahaan pewarnaan, Sarena segera mulai berkembang dengan cepat. Hanya dalam beberapa tahun, perusahaan ini meluas ke sekelompok fasilitas produksi yang berlokasi di satu kompleks pabrik.

Merebut peluang yang ditawarkan oleh teknologi, Sarena sejak awal melengkapi fasilitasnya dengan mesin dan proses yang canggih. “Kami adalah salah satu dari sedikit perusahaan dalam pencetakan tekstil yang memiliki seluruh departemen R&D,” kata Pak Zaman.

“Salah satu hal yang kami utamakan adalah mengikuti perkembangan teknologi,” kata Pak Zaman. “Jenis kualitas, jenis kesempurnaan yang diberikan pencetakan digital pada desain kami tidak mungkin ada pada jenis pencetakan tradisional.”

Pencetakan tekstil digital memberikan presisi yang dapat diulang di setiap desain dan setiap meter pakaian yang diproduksi. Konsistensi dalam output menjamin produksi yang mulus di seluruh kluster pabrik di Sarena.

Mencari solusi pencetakan yang inovatif, Sarena membuat keputusan pada printer tekstil digital perintis Epson — Monna Lisa Evo Tre 32, yang mencetak langsung pada kain.

Pencetakan langsung pada kain/Direct-to-fabric (DTF) secara signifikan mempercepat produksi dengan menghilangkan banyak langkah pra-cetak yang diperlukan dalam pencetakan layar tradisional.

Alih-alih berbulan-bulan, proses pembuatannya membutuhkan waktu beberapa hari.

Bapak Zaman menggarisbawahi bahwa keputusan untuk mengeksplorasi printer digital dibuat karena kemampuan teknologi ini untuk memberikan kesempurnaan desain dan fleksibilitas. “Saya bisa membuat seratus desain penuh warna,” katanya. “Warnanya lebih kaya dan lebih tajam, dan desain yang tidak bisa kami dapatkan pada printer lain yang membutuhkan tingkat ketajaman tertentu, hanya bisa didapat pada printer Epson.”

Monna Lisa Evo Tre dari Epson mencetak pada berbagai macam kain dan tenun, sehingga memungkinkan desainer untuk melanjutkan desain dalam palet warna yang tidak terbatas.

Pencetakan dua arah yang konsisten yang disediakan oleh PrecisionCore, solusi milik Epson, menjamin kepatuhan terhadap detail yang tiada banding. Teknologi ini mampu mereproduksi pola dan desain geometris yang kompleks.

Sangat kompatibel dengan perangkat lunak desain standar termasuk CAD, Monna Lisa Evo Tre memungkinkan desainer mewujudkan ide-ide mereka dan bahkan memenuhi pesanan paling rumit dari pelanggan.

“Kami dapat memproduksi di manapun dari 1.000 meter sehari hingga 5.000 meter sehari pada printer Epson, tergantung pada jenis kualitas yang kami inginkan dan kebutuhan pelanggan,” Ujar Pak Zaman.

Dengan Monna Lisa Tre Evo 32, Sarena dapat memproduksi hingga 704 m2/jam pakaian cetak berkualitas tinggi (300 × 600 dpi).

Mempertimbangkan skala operasi Sarena, pemeliharaan yang mudah dan keandalan mesin sangat penting untuk proses produksi perusahaan yang efisien.

Monna Lisa Evo Tre dibangun untuk penggunaan berkapasitas tinggi, dengan elemen inti yang dirancang untuk perawatan yang mudah. Printer ini dilengkapi dengan pemantauan jarak jauh, yang memberikan akses cepat ke informasi operasional yang diperlukan.

Seiring dengan pertumbuhan produksi Sarena, perusahaan ini telah memberikan penekanan besar pada lingkungan. Pada 2013, Sarena berinvestasi di pabrik pengolahan air limbahnya sendiri.

Printer Monna Lisa Evo Tre, dan tinta Genesta yang dikembangkan khusus untuk lini ini, memungkinkan perusahaan untuk mengurangi penggunaan air hingga lebih dari 75% dan mengurangi biaya energi hingga lebih dari 40% dibandingkan dengan pencetakan tradisional. Tinta Genesta juga ramah lingkungan dan telah menerima dua sertifikasi lingkungan. “Oeko Tex menyatakan bahwa itu tidak berbahaya, dan sangat penting bahwa printer disertifikasi agar menggunakan bahan kimia yang tidak berbahaya,” tambah Bapak Zaman.

“Itu semua sesuai dengan jenis filosofi yang kami miliki,” kata Bapak Zaman tentang sikap Epson terhadap lingkungan.

Sarena adalah produsen global yang memproduksi jutaan garmen setiap tahun. Perusahaan ini menyediakan layanan pembuatan garmen dengan siklus lengkap, dari menenun dan mewarnai hingga pencetakan dan pembuatan kain non-denim.

Dengan otomatisasi dan pakaian berkualitas tinggi, Sarena berhasil memenuhi tuntutan pasar yang berubah dengan cepat.

Menyadari potensi gangguan dari printer digital, Bapak Zaman menempatkan perusahaan di garis depan revolusi pencetakan. Dengan keserbagunaan Monna Lisa Evo Tre, Sarena sekarang dapat mencetak pada semua jenis kain dengan kecepatan produksi yang tinggi dan siap untuk merevolusi industri manufaktur tekstil di Pakistan, membawa pencetakan tekstil ke tingkat berikutnya dalam hal kualitas dan produksi.

“Dengan visi keunggulan kami, kami ingin selalu mencari sesuatu yang membuat kualitas terbaik,” kata Bapak Zaman.

0 Comments

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Yang Mungkin Anda Sukai

Gabung dengan Media Sosial kami

Share This