Bagaimana Printer Epson Memperkuat Usaha Lokal di Filipina?

Okt 24, 2018Point of Sale - POS, Printer & Pemindai

Kehidupan kita saat ini sangat bergantung pada listrik. Rasanya hampir-hampir mustahil membayangkan dunia tanpa listrik..

Listrik menjadi sumber penerangan, menjaga makanan tetap awet, dan memberi daya pada mobil, bank dan rumah sakit, juga menghubungkan kita dengan teman dan keluarga. Dapat dikatakan, listrik merupakan jantung peradaban.

Sebagai Manajer Departemen Citet di Northern Negros Electric Cooperative (Noneco), penyedia listrik dari Negros Occidental, Filipina, Insinyur Paulino Almedilla sangat memahami hal ini.

“Listrik adalah elemen penting dari kehidupan sehari-hari,” katanya. “Listrik meringankan beban pekerjaan rumah tangga dan mendorong pengembangan industri, yang membantu menciptakan lapangan kerja dan menjaga stabilitas ekonomi. Tanpa listrik, tidak akan ada kemajuan berarti yang dapat dibuat. “

Sayangnya, kestabilan pasokan listrik masih belum tercapai di Filipina. Pemadaman listrik sering membuat kegiatan kota terhenti, menghambat perdagangan, dan menyebabkan kota gelap dan tanpa aktivitas.

Hal yang sama sering ditemui di seluruh Asia Tenggara, dan ini mengindikasikan kekurangan infrastruktur regional. Bank Pembangunan Asia pada tahun 2017 memperkirakan butuh investasi sebanyak 3,5 triliun USD untuk menjawab kebutuhan ini [1].

Mengingat kondisi pasokan listrik yang tidak bisa diandalkan di kawasan secara umum, pencapaian Noneco memberikan warna segar. Perusahaan ini telah memasok listrik secara andal dan terjangkau untuk Northern Negros Occidental sejak tahun 1963.

Menurut Engr Almedilla, pasokan yang stabil semakin menarik para investor.

“Semakin banyak bisnis dan pusat perbelanjaan pindah ke daerah ini. Banyak dari mereka yang menyatakan pasokan listrik yang andal adalah faktor penting saat memutuskan membuka usaha di sini,” katanya.

Keberhasilan Noneco dicapai saat banyak pemain lain gagal. Kuncinya ada pada karyawan yang berdedikasi pada pekerjaannya dengan dilengkapi dengan alat yang mereka butuhkan untuk menghantarkan listrik seefisien dan semurah mungkin.

Epson TM-P80 adalah contohnya.

Noneco baru-baru ini memutuskan untuk melengkapi petugas pembaca meter listrik dengan mesin cetak seluler.  Alat ini cukup ringan dan tahan lama sehingga signifikan meningkatkan kemudahan bagi pelanggan dengan kemampuan mencetak tagihan listrik segera setelah meteran listrik terbaca. Kenyamanan ini diwujudkan oleh  mesin cetak terbaik di kelasnya dengan kecepatan 100mm/detik.

Dengan berat hanya 500 gram, karyawan Noneco dapat membawa TM-P80 setiap saat, ke mana pun juga. Yang lebih mengesankan lagi adalah ketahanan baterai yang mencapai rekor 33 jam, kata Jonathan B. Garrido, Senior Supervisor ITDM Noneco.

“Berkat baterai tahan lama, pembaca meter kami dapat bekerja tanpa harus mengkhawatirkan kondisi mesin cetak,” katanya.

“Unit mesin cetak dapat dioperasikan petugas sepanjang hari, di manapun juga. Kerja mesin terasa lebih cepat daripada mesin-mesin sebelumnya serta kualitas cetak lebih konsisten dan lebih tinggi. Mesin juga lebih andal, dan berkurangnya masalah operasional dan kerusakan berkurang.”

Mesin dapat dihubungkan dengan mudah ke ponsel melalui NFC, Bluetooth atau Wi-Fi, dan signifikan mengangkat produktivitas perusahaan, kata Almedilla.

“Mesin cetak yang sebelumnya kami gunakan tidak dapat diandalkan dan lambat, sedangkan dengan TM-P80 tagihan tercetak bahkan sebelum pelanggan sadar mengenai fungsi mesin,” ujar Almedilla, tertawa,

 “Karena mampu secara otomatis membaca meter dan mencetak tagihan, mesin cetak sangat menghemat waktu dalam pembacaan meter. Artinya, kami dapat mengalokasikan lebih banyak waktu dan sumber daya untuk pemeliharaan infrastruktur, seperti melatih staf kami dan mengembangkan cara baru untuk mengurangi tagihan energi pelanggan kami. “

Noneco juga leluasa menggunakan mesin cetak semaksimal mungkin. Ketersediaan layanan Epson di kota Bacolod memungkinkan masalah dapat diperbaiki secara tepat waktu.

“Pusat layanan yang dekat  membuat kami tenang karena berarti kami bisa mengakses layanan purnajual berkualitas dan memastikan setiap kendala tertangani dengan cepat,” kata Almedilla.

“Hal ini menambah alasan kami ingin memperluas penggunaan mesin cetak Epson – inilah bukti lebih lanjut bahwa Epson dapat dijadikan mitra andalan dalam meningkatkan pengembangan Northern Negros Occidental.”

Kesejahteraan ekonomi di Negros Occidential memang tidak akan terwujud dalam semalam. Tujuan ini adalah tugas besar yang akan membutuhkan upaya bersama dari industri, pemerintah, dan masyarakat. Namun, sebagaimana dialami oleh Almedilla, Epson akan selalu ada di setiap langkah, berfokus pada detail, dan yakin pada kemampuannya menghadirkan perbedaan.

Sebab, jika ada hal yang layak untuk diperjuangkan, maka hal itu adalah menjembatani kesejahteraan ekonomi.

[1] https://www.adb.org/sites/default/files/publication/227496/special-report-infrastructure.pdf

Gabung dengan Media Sosial kami

Share This