Personalisasi Mode Dengan Teknologi Cetak Tekstil Digital

Sep 20, 2018Artikel Fitur, Printer & Pemindai, Tekstil

Apa yang dicari oleh konsumen di dunia mode saat ini? Dan bagaimana para perancang bisa memenuhi preferensi dan tren mode yang begitu beragam? Penciptaan produk dengan personalisasi adalah jawabannya. Berkat teknologi cetak digital, menciptakan produk unik tak lagi sulit diwujudkan.

Memproduksi item berciri individual adalah salah satu tren utama industri mode pada tahun 2018. Survei Deloitte baru-baru ini menunjukkan bahwa lebih dari 50% konsumen ingin membeli pakaian, maupun benda mode lainnya, yang memiliki desain khusus.

Robert Quinn digital textile printing
Gaun karya Richard Quinn dengan motif dicetak menggunakan SSE18 dari Epson dipamerkan pada London Fashion Week Catwalk yang diselenggarakan Liberty London (foto dari: Liberty London)

Konsumen ingin punya pilihan

Perkembangan teknologi dan media sosial yang pesat membuat konsumen masa kini lebih berdaya. Konsumen mampu menciptakan pengalaman belanja sesuai yang mereka inginkan—dengan kesederhanaan, kenyamanan, dan kegembiraan yang mereka cari. Keputusan mengenai benda yang dibeli, cara, waktu, dan tempat sepenuhnya berada di tangan konsumen.

Ekspektasi konsumen yang terus meningkat seputar biaya, pilihan, dan kenyamanan adalah tantangan bagi perancang mode untuk terus berinovasi dan menyajikan ragam produk pilihan. Untuk memenuhi ekspektasi ini, seorang perancang harus memasukkan elemen yang menunjukkan personalisasi dalam produknya. Hal ini penting untuk meningkatkan penjualan dan kesetiaan pembeli, sehingga perancang pun dituntut untuk senantiasa memperbarui produk dan karyanya.

Kebaruan desain melalui cetak tekstil digital

Salah satu sarana bagi para pencipta di dunia mode berinovasi dan menyegarkan karya mereka adalah teknologi digital.

Saat ini, para pemain besar industri mode tradisional telah merasakan bagaimana gelombang teknologi digital mengubah preferensi konsumen. Pada saat bersamaan, digitalisasi juga yang membuka jalan bagi perancang inovatif memperluas pangsa pasar—mereka mempertahankan minat konsumen dengan menawarkan produk dan motif baru dengan ciri individual.

Salah satu perusahaan yang berhasil menciptakan pengalaman unik yang menyeluruh bagi konsumen adalah YR Store. Menggunakan layar sentuh yang disiapkan di toko Topshop di London, konsumen bisa merancang pakaiannya sendiri; pilihan pola yang disediakan dapat diaplikasikan sesuai keinginan konsumen pada jenis pakaian yang hendak dibeli, mulai dari kaus, baju hangat, gaun, hingga rompi. Tak hanya itu, konsumen juga dapat mengatur ukuran pola dan menyesuaikan warna. Desain pilihan kemudian dicetak menggunakan printer F-series dari Epson. Keseluruhan proses ini dilakukan secara langsung di toko.

Terjemahan gambar:

Permintaan terhadap cetak tekstil digital semakin gencar

Industri percetakan tekstil sedang berubah. Kuantitas produksi mengecil sementara tuntutan terhadap produk yang dipersonalisasi terus tumbuh. Mesin cetak analog tidak lagi mampu mengikuti perubahan ini. Personalisasi adalah kunci.

Apa sebab perubahan?

Teknologi dan ekonomi adalah dua faktor utama. Kemajuan e-commerce dan internet memacu pergeseran dan ketidakpastian perilaku konsumen.

Memperkenalkan…

CETAK TEKSTIL DIGITAL

Perubahan ke skala produksi yang lebih kecil, 500m kini lazim, memengaruhi kemampuan mesin cetak analog.

  

Kreativitas berbiaya efektif

Kemajuan teknologi cetak tekstil memungkinkan pencipta di dunia mode melakukan personalisasi berskala lebih besar dengan biaya lebih rendah. Berbeda dari teknik cetak analog, dengan cetak digital perancang bisa memenuhi kebutuhan pasar dengan jangka waktu produksi singkat. Baik untuk desain sederhana ataupun desain grafis yang rumit, cetak digital menawarkan kesempatan tanpa batas bagi perancang untuk mewujudkan imajinasi mereka menggunakan cara operasional yang lebih praktis.

Kini, rumah-rumah mode bisa membuat jadwal produksi sejalan kebutuhan konsumen. Dengan begitu, cetak digital tidak hanya membuat pelaku usaha mampu menawarkan lebih banyak ragam produk yang dipersonaliasi dan menyesuaikan produksi dengan permintaan untuk mengurangi jumlah stok. Teknologi digital juga meningkatkan efisiensi produksi sekaligus meminimalkan biaya dan limbah tekstil.

Perancang terkenal asal Inggris, Richard Quinn, telah menerapkan teknologi cetak digital semenjak ia menyabet H&M Design Award pada tahun 2017. The Richard Quinn Print Studio di London menggunakan  Epson SureColor F-series dalam keseluruhan proses produksi kreatifnya—mulai dari tahap sketsa hingga produk dapat diperlihatkan di pentas busana. Mesin ini menjaga biaya produksi tetap efektif, menjadi sarana praktis bagi Richard untuk bereksperimen, dan memungkinkan desain, cetak pola, serta pembuatan sepotong pakaian diselesaikan dalam hitungan jam.

Richard Quinn Print Studio juga terbuka bagi para perancang lain. Memanfaatkan keunggulan teknologi cetak digital, Richard membuka akses dan ruang dengan biaya terjangkau bagi perancang—baik berpengalaman maupun pemula—yang ingin belajar mengenai teknik cetak digital dan cara aplikasinya di ranah kreatif mereka.

Memilih mesin cetak yang tepat

Membeli mesin cetak digital adalah investasi besar. Namun, ingat, produk bermutu hanya dapat dihasilkan dengan investasi yang bermutu pula.

SureColor F-Series dari Epson adalah salah satu produk terdepan di industri cetak digital. Mengingat teknologi terus berkembang, rumah mode berskala kecil tidak selalu mampu terus-menerus membeli peralatan baru. Sebab itulah, amat penting bagi mereka memiliki mesin cetak yang tidak akan usang.

F-Series dirancang sebagai investasi satu kali yang teknologinya dapat diperbarui di masa mendatang. Proses digital sederhana yang ditawarkannya memungkinkan pengguna mencetak dalam jumlah kecil sesuai keperluan sehingga hemat waktu dan biaya. Beragam fitur dan warna membuat hampir segala desain hasil imajinasi perancang bisa diwujudkan.

Pada akhirnya, perilaku konsumen akan terus berubah dan industri mode harus menyambut perubahan. Personaliasi benda mode dan pengalaman konsumen adalah unsur penting dalam perubahan ini. Menggunakan cetak digital dalam proses personalisasi membantu perancang meningkatkan efisiensi dan menurunkan biaya  sekaligus memberikan pengalaman eksklusif untuk konsumen mode.

Gabung dengan Media Sosial kami

Share This