Teknologi Inovatif Epson Memungkinkan Pencetakan Tekstil Berkelanjutan

Sep 28, 2020Printer & Pemindai, Tekstil

Di pasar masa kini, semua orang mencari praktik-praktik yang lebih sedikit memakai air, energi, dan membantu melindungi sumber daya planet kita. Industri tekstil sangat besar dan menghasilkan banyak bahan, jadi masuk akal bahwa kelestarian lingkungan telah menjadi perhatian utama. Ketika orang-orang di seluruh dunia menjadi semakin tergantung pada pakaian, selimut, dan pakaian lainnya, industri mencari metode produksi yang lebih ramah lingkungan.

Menurut laporan Measuring Fashion baru-baru ini, produksi gas rumah kaca pada industri pakaian global saja diperkirakan akan menyamai seluruh produksi di AS dalam waktu kurang dari dua dekade. Penelitian lain menunjukkan bahwa hampir 15% dari semua kain untuk pakaian dibuang. Permintaan konsumen yang berubah dalam industri mode dan dekorasi rumah menciptakan kebutuhan akan lebih banyak kustomisasi, durasi proses yang lebih singkat, dan waktu penyelesaian yang lebih cepat. Banyak perusahaan pakaian saat ini beralih ke proses pencetakan tekstil digital untuk mendorong produksi yang berkelanjutan, mempercepat waktu ke pasar, dan meningkatkan kustomisasi.

Pencetakan digital dapat mengurangi jumlah langkah-langkah produksi hingga setengahnya. Dengan proses fiksasi panas kering seperti sublimasi pewarna, langkah-langkah ini dapat dikurangi bahkan lebih jauh. Lebih penting lagi, digital dapat mengurangi pemakaian air sebanyak 90% per m2, mengurangi konsumsi energi sekitar 37%, dan menurunkan emisi CO2 sekitar 25%[1]

Epson berkomitmen untuk meningkatkan standar keberlanjutan dalam industri tekstil. Selain mendukung bisnis saat ini, Epson juga sedang menciptakan visi untuk alur kerja masa depan.

 

Produksi Lebih Cepat

Epson SureColorSC-F9330

Industri manufaktur kain dan garmen adalah beberapa lingkungan yang paling serba cepat di dunia, tetapi konsumen masih menuntut waktu penyelesaian yang semakin cepat. Akibatnya, rantai pasokan menyusut, dan bisnis merespons dengan cara yang sama.

TMI memilih printer tekstil digital dye sublimation Epson SureColorSC-F9330[2] dengan pandangan untuk mengembangkan pabriknya dengan cara yang modern, berkelanjutan dan inovatif. Printer Epson dipilih berdasarkan model kompetitif karena konsistensi warna, kualitas hasil cetak, dan kecepatan cetaknya, dan telah membantu dalam transformasi digital dan rencana TMI untuk merevolusi industri ini.

 

Mempertahankan Kualitas

Banyak pabrik tekstil mungkin masih memiliki keberatan tentang pencetakan digital karena mereka percaya bahwa mesin-mesin tertentu tidak dapat memberikan kualitas yang konsisten di tingkat perusahaan. Kekhawatiran ini membuat Sairung Printing Industry Ltd. (SRP), produsen garmen Thailand, bergantung pada teknologi analog selama beberapa dekade, tetapi perusahaan akhirnya memahami dampak pencetakan digital dalam industri mode.

SRP akhirnya berinvestasi pada Printer Sublimasi Epson SureColorSC-F7170[3], yang telah membantu meningkatkan kapasitas produksinya dan mengubah bisnis tersebut. Perusahaan juga mendapat manfaat dari beragam tinta berkualitas tinggi Epson UltraChrome DS, termasuk sistem tinta isi ulang berkapasitas tinggi yang memungkinkan pencetakan berkelanjutan.

 

Melakukan Peningkatan dengan Lini Printer Epson Monna Lisa

Epson Monna Lisa Evo Tre 64

Epson yang terus memperluas dan meningkatkan lini pencetakan tekstil digital langsung ke kain, baru-baru ini memperkenalkan Monna Lisa Evo Tre 64. Perangkat ini, yang dirilis bersama dengan lini baru tinta pigmen Genesta, menggunakan teknologi printhead Epson PrecisionCore dan memberikan solusi lengkap untuk pencetakan sampel sesuai permintaan hingga produksi berskala industri. Monna Lisa Evo Tre 64 juga tersedia dengan tinta Genesta reaktif, dispersi, asam, dan pigmen untuk menutupi seluruh spektrum kebutuhan kain dan mengurangi dampaknya terhadap lingkungan.

Lini lengkap produk Epson Monna Lisa termasuk Evo Tre 8 (model tingkat awal), Evo Tre 16 (printer tekstil digital 16 printhead yang mampu menangani 8 warna), dan EvoTre 32 (model kelas atas yang memberikan kualitas profesional dengan kecepatan tinggi untuk pasar tekstil industri).

Lini Monna Lisa dirancang untuk bekerja dengan tinta terbaru, termasuk PG2, tinta pigmen yang tidak memerlukan proses pasca-cetak bila diterapkan pada kain dengan Pregen PCC pra-perawatan dan di antara tinta paling ramah lingkungan yang tersedia. Selain itu, tinta ini memenuhi standar ISO untuk ketahanan abrasi kering dan basah. Di setiap tahap, Epson jelas memprioritaskan kesinambungan tanpa mengorbankan kecepatan atau kualitas.

Sarena Textile Industries yang berbasis di Pakistan baru-baru ini membeli Monna Lisa Evo Tre 32. Perusahaan manufaktur tekstil ini memproduksi 10.000 hingga 50.000 meter per hari, dan perangkat Monna Lisa memungkinkan perusahaan untuk menghasilkan kain cetak berkualitas tinggi pada kecepatan hingga 402 m2/jam.

 

Lini Bawah

Seiring dengan terus berkembangnya rantai pasokan dan permintaan pengguna akhir, bisnis-bisnis saat ini harus beradaptasi. Sudah waktunya bagi merek dan produsen untuk menjadi lebih pintar tentang bagaimana mereka menyusun dan menegakkan alur kerja mereka guna memenuhi rantai pasokan yang berkembang. Meskipun tanggung jawab lingkungan bukan satu-satunya faktor yang berdampak pada industri tekstil pada umumnya, tidak diragukan lagi hal itu menjadi salah satu yang paling serius.

Dengan banyak perkembangan terbaru dan terencana, Epson siap untuk memberikan produk yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan untuk menciptakan kreasi kain di masa depan. Namun, manufaktur yang benar-benar berkelanjutan akan membutuhkan otomatisasi desain, proses alur kerja, pencetakan digital, dan operasi potongan akhir dan penjahitan. Epson mampu mendukung para pelanggannya dengan pengalihan sublimasi berkualitas tinggi dan solusi pencetakan direct-to-fabric (langsung ke kain). Kemungkinan untuk kain dan aplikasi hanya dibatasi oleh imajinasi.

 

[1] Sumber: http://press.miroglio.com/en/comunicato/evolution-miroglio-texile-new-choice-smarter-printing

[2] Catatan: Model ini telah dihentikan. Penerusnya adalah SureColor SC-F9430.

[3] Catatan: Model ini telah dihentikan. Penerusnya adalah SureColor SC-F7270.

Gabung dengan Media Sosial kami

Share This