EcoTank Epson : Solusi Pencetakan Ramah Lingkungan bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM)

Okt 12, 2020Bisnis & Rumah, Printer & Pemindai

Berdasarkan 2019 Brand Track SEA Survey Report oleh Intuit, hampir 70% Usaha Kecil dan Menengah (UKM) menyatakan bahwa mereka lebih memilih printer kantor yang ramah lingkungan. Kesadaran yang semakin meningkat akan solusi digital yang ramah lingkungan seperti tapak perangkat keras dan dampak teknologi terhadap lingkungan terus tumbuh di kalangan konsumen kantoran. UKM yang sadar lingkungan harus mempertimbangkan manfaat dari solusi printer Epson EcoTank yang ramah lingkungan.

 

Teknologi Bebas Panas Epson pada printer EcoTank

Printer EcoTank Epson mengkonsumsi energi yang jauh lebih sedikit daripada printer laser kantor biasa di kelas yang sama. Printer laser biasa dapat mengkonsumsi listrik hampir 27 kali lebih banyak daripada printer EcoTank Epson. Printer laser juga menggunakan toner besar dan kartrid pencitraan yang menghasilkan lebih banyak limbah fisik dibandingkan dengan botol tinta EcoTank.

Lebih Sedikit Energi

Teknologi printhead piezo-elektrik Bebas Panas Epson yang digunakan pada printer inkjet menggunakan energi yang jauh lebih sedikit dibandigkan dengan printer laser tradisional di kelas yang sama. Tidak seperti printer laser, Teknologi Bebas Panas Epson langsung manghantarkan tinta ke kertas untuk menciptakan gambar hitam-putih atau penuh warna. Karena tidak ada panas yang dihasilkan, hal ini mengurangi kebutuhan listrik secara substansial.

Sebaliknya, printer laser menggunakan proses yang terdiri dari beberapa langkah termasuk pemanasan awal fuser, kemudian mengisi drum elektrostatis yang berputar, mengekspos drum dengan sinar laser, mengembangkan drum dengan toner, mentransfer toner ke kertas dan akhirnya menggunakan fuser yang panas tersebut untuk menempelkan partikel toner yang padat ke halaman tersebut. Semua langkah itu membutuhkan energi, terutama langkah pemanasan dan fiksasi. Lihat gambar di bawah.

 

Teknologi Bebas Panas EcoTank Epson vs Laser

Penghematan listrik dengan menggunakan Teknologi Bebas Panas EcoTank Epson merupakan penghematan biaya yang signifikan bagi UKM sekaligus membantu UKM dalam mencapai tujuan lingkungan dengan mengurangi jumlah listrik yang harus dihasilkan dan dikonsumsi.

 

Konsumsi Energi: EcoTank Epson versus Printer Laser Biasa

* Berdasarkan konsumsi daya rata-rata, saat dioperasikan, dari 3 printer laser satu fungsi yang dapat ditemukan di pasaran. Untuk deskripsi lengkap tentang Teknologi Bebas Panas Epson, lihat: https://www.epson.co.id/heat-free

Lebih Sedikit Limbah

Manfaat lingkungan lain bagi UKM akibat menggunakan teknologi piezo-elektrik Bebas Panas EcoTank Epson adalah printer EcoTank akan menghasilkan limbah yang jauh lebih sedikit daripada printer laser biasa. Printer EcoTank menggunakan botol tinta dengan nozel khusus untuk mengisi printer dengan tintanya.

Sebaliknya, pencetakan laser merupakan suatu proses yang kompleks seperti yang digambarkan di atas. Perlengkapan dan bagian-bagian yang diperlukan dalam prosesnya diperkirakan akan usang seiring pemakaian. Agar printer tetap bekerja, banyak bagian tersebut disimpan di dalam toner atau kartrid pencitraan yang diganti oleh pengguna. Kartrid dan kemasan yang menyertainya berukuran besar dan pengguna biasanya harus mengganti kartrid toner berulang kali untuk memberikan jumlah halaman yang sama dengan yang dapat dicetak oleh printer EcoTank dalam sekali isi ulang. Printer laser biasanya menghasilkan jumlah limbah material dalam jumlah besar yang perlu diproduksi dan dibuang.  

Sebagai manfaat tambahan, priner EcoTank memerlukan lebih sedikit intervensi oleh pengguna dibandingkan printer laser. Hanya untuk satu isi ulang botol tinta EcoTank, untuk mencetak jumlah halaman yang sama pada printer laser, pengguna biasanya perlu memesan kembali dan mengganti kartrid toner sebanyak lima kali.

 

Lebih Sedikit Limbah pada Printer EcoTank versus Printer Laser Biasa

* Perkiraan set kartrid yang setara berdasarkan hasil cetak termasuk botol tinta Hitam dan Warna dibandingkan dengan printer laser dengan fitur serupa pada bulan Oktober 2018. Catatan: Gambar tidak berskala. Kartrid toner jauh lebih besar daripada botol tinta

Jelas bahwa pinter EcoTank Epson merupakan pilihan yang lebih baik bagi lingkungan sekaligus menghemat biaya listrik serta waktu dan kerepotan bagi UKM.

Baca brosur printer Epson EcoTank di situs: https://www.epson.co.id/ecotank

 

Printer Monokrom EcoTank Epson Menawarkan Total Biaya Kepemilikan yang Rendah

Untuk UKM yang bergantung pada pencetakan monokrom atau hitam/putih, jajaran printer EcoTank monokrom Epson menawarkan semua manfaat yang dijelaskan di atas dari pemakaian Teknologi Bebas Panas, termasuk pemakaian energi yang rendah, mengurangi limbah dan intervensi pengguna. Printer ini juga memberikan total biaya kepemilikan terendah untuk printer di kelasnya, keandalan tinggi, tidak merepotkan pelanggan, dan tapak kecil bagi yang memiliki ruang terbatas. Lihat penawaran saat ini di 

https://www.epson.co.id/mono-ecotank

Pada saat yang sama, printer ini menawarkan kecepatan cetak dan kemampuan total volume halaman yang dengan mudah menandingi printer laser di kelas yang sama.

 

Printer Monokrom EcoTank Epson dengan Total Biaya Kepemilikan yang Rendah

 

Kesimpulan

Printer EcoTank Epson yang menggunakan Teknologi Bebas Panas bekerja sesuai dengan standar printer laser biasa dalam hal kebutuhan pemakaian, keandalan dan fitur-fitur sekaligus menawarkan alternatif ramah lingkungan yang jelas bagi bisnis, yang menggunakan lebih sedikit energi dan menghasilkan lebih sedikit limbah terhadap lingkungan.

Gabung dengan Media Sosial kami

Share This