Aplikasi yang muncul untuk pencetakan tekstil pada masa ‘normal baru’

Mar 1, 2021Printer & Pemindai, Tekstil

Pandemi COVID-19 terus memberi tantangan bagi keberlangsungan bisnis dalam berbagai ukuran, beradaptasi dan belajar untuk menavigasi protokol ‘normal baru’ dengan mematuhi pedoman standar operasional baru. Bisnis percetakan juga tidak luput, seperti bisnis lain dengan

Untungnya, kreativitas lahir dari kesulitan dan perusahaan yang telah menggunakan percetakan tekstil digital sudah menemukan bahwa mereka dapat mengalihkan produksi dengan mudah untuk memenuhi permintaan yang ada saat ini.

Dalam industri tekstil yang bergerak cepat, perancang dan produsen merasa mudah untuk berputar dan dengan cepat membuat apa yang dapat dijual di kondisi baru saat  ini dengan menggunakan teknologi percetakan tekstil digital. Dengan waktu tunggu pencetakan yang lebih cepat dibandingkan dengan percetakan analog, sejumlah pengujian dapat direncanakan dalam jumlah yang lebih kecil dengan waktu tunggu yang lebih pendek.

Jika satu siklus penuh dari desain hingga produksi membutuhkan waktu hingga 8 minggu dengan percetakan kain tradisional, dengan percetakan tekstil digital hanya membutuhkan waktu 7 hari. Karena jumlah yang dicetak bisa dibuat dengan jumlah yang lebih sedikit dan sesuai yang mereka butuhkan, bisnis dapat mengoptimalkan inventaris dan menyimpan barang dalam permintaan di dalam jumlah optimal.

Bagaimana cara lain agar teknologi percetakan digital menambah nilai bisnis dalam enam bulan terakhir pada berbagai tingkat saat masa “lockdown”? Berikut beberapa contohnya:

Masker

Dengan protokol kesehatan yang mewajibkan untuk menggunakan masker, penggunaan masker yang dapat digunakan kembali banyak diminati. Masker menjadi kebutuhan saat akan keluar rumah, di tempat kerja, dan menjadi barang konsumen yang bergerak cepat. Saat ini, masker dengan rangkaian lengkap dapat ditemukan di pasar, dari masker bedah hingga masker yang dirancang lebih kreatif telah menjadi bahan perbincangan dan status dari para pemakai masker.

Untungnya, printer tekstil digital seperti Epson memiliki solusi untuk jenis kain yang banyak digunakan seperti poliester. Dengan bantuan dimana desain dapat dengan mudah diwujudkan.

Seragam pengiriman

Kini, hamper semua orang lebih banyak tinggal di rumah dan beralih menggunakan jasa pengiriman makanan dan paket, sehingga banyak layanan pengirima mengalami krisis, menjadikan seragam pengendara salah satu kebutuhan dalam masa normal baru. Dengan banyaknya merek yang bersaing dikategori ini, detil seperti bahan seragam pengendara menjadi sebuah hal penting untuk membuat pengalaman pengiriman menjadi lebih nyaman dan terpercaya.

Printer sublimasi pewarna SureColor SC-F6330 Epson dapat membantu brand membuat seragam dengan hasil luar biasa menggunakan tinta tekstil yang bersertifikat internasional agar aman dan berkelanjutan. SC-F6330 dikembangkan dengan kemajuan terbaru dalam teknologi percetakan untuk memberikan kinerja luar biasa dengan biaya operasional yang terjangkau dan memungkinkan pengiriman dengan mudah dan tetap bergaya.

Dengan tidak adanya jumlah minimum pada setiap batch pencetakan, seragam berkualitas tinggi untuk kru pengiriman dapat diproduksi dalam waktu singkat dalam jumlah yang tepat dan dengan pengurangan atau pemborosan pada limbah – yang selanjutnya membuktikan efisiensi teknologi pencetakan Epson.

Pakalan Aktif

Transportasi massal yang tidak lagi beroperasi dalam jangka waktu yang lama, bersepeda kembali menjadi trem yang tidak hanya sebagai alat transportasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan, tetapi juga sebagai kegiatan olahraga untuk menjadai tubuh tetap bugar. Penelitian menunjukkan bahwa bekerja dari rumah memungkinkan lebih banyak orang memiliki waktu untuk berolahraga secara teratur.

Pencetakan fluoresen 6 warna Epson F9430H ditambahkan untuk keselamatan pengendara sepeda di jalan dengan kecerahan tingkat warna yang memungkinkan mereka menjadi lebih terlihat di jalan baik di siang maupun malam hari.

Dengan tingkat lonjakan aktivitas fisik yang secara tiba-tiba, maka permintaan akan pakaian aktif semakin meningkat.

Percetakan tekstil digital memungkinkan bisnis menawarkan pakaian aktif dalam berbagai macam motif dan kain. Sebelumnya tidak pernah ada peralatan latihan atau kaus olahraga yang berwarna lebih ekspresif dan cerah.

Usaha percetakan sekarang memiliki pilihan yang tidak terbatas, dapat dicetak pada berbagai kain dan media – termasuk bahan dri-fit. Apapun yang dapat dirancang di komputer dapat dicetak dan dicetak ke kain. Tinta dan proses pencetakan menghasilkan gambar yang hidup dan jelas.

Bagaimana bisnis percetakan dapat terus berjalan dengan teknologi percetakan tekstil digital?

Semua dapat dimulai dengan printer tekstil digital yang tepat. Misalnya, seperti pencetakan sublimasi langsung-ke-garmen (DTG) dan pewarna adalah pilihan pencetakan tekstil digital yang hemat biaya untuk usaha kecil dan menengah.

Pencetakan langsung ke garmen mirip dengan menggunakan printer inkjet untuk mencetak di atas kertas, kecuali mencetak langsung ke kemeja katun menggunakan tinta khusus berbasis air yang menyerap ke dalam kain,yang  memungkinkan pengguna melakukan pencetakan kecil dengan harga terjangkau.

Untuk variasi aplikasi pencetakan yang lebih luas, sublimasi pewarna memungkinkan untuk mencetak sambil mengontrol setiap bagian kain yang digunakan untuk mencetak. Hal ini sempurna untuk mencetak pada pakaian yang sudah dipotong sebelumnya dan media lainnya. Pencetakan sublimasi pewarna memberi fleksibilitas pada bisnis untuk memenuhi keinginan pelanggan pada pencetakan desain yang lebih kompleks tanpa tambahan waktu dan biaya untuk bisnis, hal ini sangat cocok untuk para pengusaha yang ingin meningkatkan detail desain mereka di atas pencetakan DTG.

Secara keseluruhan, teknologi percetakan digital saat ini memungkinkan bisnis untuk beroperasi  berkelanjutan yang menggunakan lebih sedikit daya listrik, menggunakan lebih sedikit air, dan mengeluarkan dampak yang jauh lebih sedikit ke lingkungan dibandingkan menggunakan metode analog tradisional.

Printer tekstil seri F Epson didesain untuk setiap kebutuhan bisnis yang didukung dengan teknologi printhead PrecisionCore™ yang memungkinkan pencetakan cepat, berkualitas tinggi, dan dapat diandalkan.

Gabung dengan Media Sosial kami

Share This