Menjawab harapan pelanggan dengan mesin cetak reklame dari Epson

Feb 19, 2019Printer & Pemindai, Signage

“Kami tidak menggunakan mesin cetak merek lain karena Epson selalu bisa menjawab tuntutan mutu dan kecepatan dari pelanggan.”

Pujian ini datang dari Mardi Anas, pendiri dan sosok penting di balik Tirta Anugrah, penyedia jasa cetak terdepan di Bandung, ibu kota Provinsi Jawa Barat.

Tirta Anugrah didirikan Mardi 15 tahun lalu sebagai pusat layanan fotokopi dan pengembangan bisnis keluarga. Langkah ini masuk akal, mengingat keluarganya adalah pemilik toko buku dan alat tulis kantor. Sejak itu, Tirta Anugrah terus bertumbuh sebagai unit usaha yang berspesialisasi pada jasa cetak.

Perusahaan ini mengikuti arus perubahan ke cetak digital dan semakin mengukuhkan posisinya sebagai penyedia jasa terpercaya untuk berbagai macam kebutuhan dokumen termasuk cetak ukuran besar, offset, dan cetak suvenir. Layanannya pun mencakup kebutuhan cetak dalam dan luar ruang, dokumen, dan cetak output.

Kesuksesan Tirta Anugrah didukung oleh lokasinya yang strategis di tengah daerah kampus dan perkantoran di Bandung, kota terbesar ketiga Indonesia dengan 2,5 juta penduduk. Dengan posisinya yang mudah diakses, Tirta Anugrah menarik pelanggan dari berbagai wilayah Bandung, termasuk bank, perusahaan makanan, dan masih banyak lagi.

Seiring dengan perkembangan bisnis, tuntutan pelanggan untuk mutu cetak terbaik dan kecepatan pelayanan menjadi tantangan yang dihadapi perusahaan. Namun, Mardi menemukan jawaban yang ia butuhkan dalam hal kecepatan produksi, resolusi warna superior, dan hasil cetak terang dari Epson.

Mardi sedang berada di sebuah pameran ketika ia pertama kali mengetahui mesin cetak reklame Epson. “Saya terkesan melihat desain mesin—mewah tapi kokoh,” katanya. “Hasil cetak juga indah. Saya langsung tahu mesin itulah yang dibutuhkan Tirta Anugrah.”

Tirta Anugrah pun menggunakan mesin cetak reklame dari Epson, utamanya untuk cetak dalam ruang seperti x-banner, banner gulung, poster, dan stiker. Ukuran cetak pun bervariasi dari 30cm x 30cm hingga 1,6m x 2,0m. Aplikasi cetak pada umumnya adalah stiker kertas ukuran besar untuk pelapis dinding, stiker vinil untuk badan mobil dan motor, dan stiker decal untuk motor dan helm.

Dengan kemampuan memberikan hasil cetak bermutu tinggi menggunakan mesin cetak Epson, Tirta Anugrah dapat memperluas cakupan pelanggannya, termasuk UMKM setempat, pelaku usaha ritel di Bandung, ataupun perusahaan besar dengan kebutuhan branding. Para pelanggan ini seringkali memerlukan flex banner dengan lampu di bagian depan ataupun belakang, serta cetak kaus.

Tirta Anugrah melayani permintaan yang begitu tinggi hingga mesin Epson dioperasikan hampir 12 jam nonstop setiap hari. Berkat keandalan mesin dan fitur pemeliharaan mandiri, mesin cetak Epson mampu bertahan meski digunakan intensif nyaris tanpa kendala.

Mengingat durasi kerja mesin, hemat listrik juga menjadi keunggulan yang penting. “Penghematan biaya yang kami capai dari mesin-mesin Epson menyumbang signifikan pada pendapatan usaha,” kata Mardi.

Ia juga menyimpulkan mesin Epson yang ia gunakan bekerja lebih cepat, dengan hasil lebih superior, dibandingkan mesin lain yang penah digunakan. “Kerja merek lain yang pernah kami coba lebih lambat dan warnanya kurang cerah. Setelah menggunakan Epson, proses cetak jadi lebih mulus dan cepat, dengan hasil yang lebih baik,” jelasnya.

“Sikap staf kami dalam melayani pelanggan memang penting, tapi bukan satu-satunya faktor yang menjaga kepuasan pelanggan. Kami juga harus terus mengikuti perkembangan teknologi cetak sebagai inti dan penentu penting pertumbuhan usaha. Saya selalu berusaha sejauh mungkin mengantisipasi kebutuhan pelanggan, agar selalu bisa memberikan solusi yang mereka butuhkan.”

Mardi juga semakin percaya diri dengan garansi dua tahun dari Epson. “Sejauh ini, layanan yang kami dapatkan luar biasa,” katanya. Untuk Tirta Anugrah, layanan purnajual diberikan oleh mitra Epson, Media Grafindo dan Aneka Warna.

Sebagai bisnis yang sensitif terhadap perubahan permintaan pasar, Tirta Anugrah selalu berupaya memanfaatkan teknologi baru dan mengikuti perkembangan mesin cetak. Ke depan, Mardi berharap bisa berekspansi ke layanan cetak fotografi, tekstil, dan cetak langsung pada kain. Apapun segmen usaha yang ingin dirambah Tirta Anugrah, Mardi yakin ia akan bergerak bersama mesin cetak dari Epson.

Gabung dengan Media Sosial kami

Share This